Mohon tunggu...
Alisya Maharani Putri
Alisya Maharani Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - 19 tahun

suka menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Membaca Buku Bermutu bagi Masyarakat

24 September 2021   01:34 Diperbarui: 24 September 2021   01:42 43 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Membaca Buku Bermutu bagi Masyarakat
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia masih menempati peringkat ke 62 dari 70 negara perihal tingkat minat baca. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, hal itu tentu menggambarkan rendahnya minat membaca para masyarakat. Padahal sekarang ini sudah banyak penulis di Indonesia yang menghasilkan buku-buku yang menarik untuk dibaca. 

Mulai dari buku fiksi, non-fiksi, novel, buku pendidikan, dan masih banyak lainnya, tapi ternyata buku yang menarik tidak lah cukup. Diperlukan juga buku yang bermutu agar nantinya dapat menghasilkan pemikiran kritis masyarakat Indonesia.

Bagaimana buku yang bermutu? Sesuai dengan Undang-Undang Nomer 3 tahun 2017 Pasal 1 nomer 23, buku bermutu adalah buku yang memenuhi standar mutu yaitu mencakup isi, penyajian, desain, dan grafika.  

Syarat-syarat inilah yang harus dipenuhi sebuah buku agar tercipta buku yang bermutu. Buku yang dibuat harus seuai dengan standar, kaidah dan juga kode etik.

Standar buku merupakan acuan minimal yang harus dicapai. Standar disini meliputi penulisan, penerjemah dan penyaduran, standar penerbitan, dan juga standar produksi.

Kaidah buku, aturan-aturan baik berbentuk konvensi atau konsensus mesti dipenuhi untuk menciptakan buku bermutu. Meliputi kaidah penulisan, penerjemahan dan penyuntingan, dan juga kaidah penerbitan.

Ada pula kode etik seperti Ikapi, APPTI, PPGI, Penpro, Satupena, dan lain-lain.

Banyak pihak yang berperan untuk menghasilkan sebuah buku ada penulis, penerjemah, penyadur, editor, illustrator, desainer, penerbit, percetakan, took buku, dan pengembang buku elektronik. 

Masyarakat tentunya juga bisa turut berperan dengan membangun dan mengembangkan budaya literasi, serta ikut andil dalam menciptakan buku yang sehat.

Sebenarnya mengapa buku bermutu sangat penting? Apakah buku-buku tersebut akan berdampak bagi masyarakat? Tentu saja, buku yang bermutu akan meningkatkan wawasan dan ilmu masyarakat.

Dengan begitu akan semakin banyak lahirnya generasi-generasi cerdas yang berpikir kritis. Dengan segala wawasan ini juga masyarakat bisa mendapatkan kesempatan hidup yang lebih layak dan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan