Mohon tunggu...
Ali Suwarno
Ali Suwarno Mohon Tunggu... Pengajar

Mengajar sambil terus belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pilihan Properti, Beli secara KPR, Cash, atau Sewa?

19 Januari 2021   13:01 Diperbarui: 19 Januari 2021   13:49 114 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pilihan Properti, Beli secara KPR, Cash, atau Sewa?
Sumber : kompas.com


Rencanakan pilihan secara matang sebelum memutuskan

Kebutuhan akan sandang, pangan dan papan merupakan suatu kebutuhan pokok yang sangat mendasar. Ketiganya menjadi keharusan untuk dipenuhi, apabila salah satu tidak terpenuhi bisa menjadi sesuatu yang fatal, dan ketiganya tersebut saling berkaitan. Tetapi dimasa sulit seperti sekarang ini kebutuhan akan pangan bisa menjadi kebutuhan pertama untuk dipenuhi, hal ini berhubungan dengan kesehatan dan sistem imun yang harus tetap kita jaga supaya terhindar dari virus covid-19.

Hal lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah kebutuhan akan tempat tinggal atau properti. Kebutuhan yang memang harus terpenuhi juga. Bagaimana, apakah harus memaksakan untuk terpenuhinya kebutuhan ini?. Apabila Anda sudah mempunyai rencana untuk membeli atau menyewa akan properti maka rencanakan dengan amat sangat matang. Karena hal ini akan berhubungan dengan kebutuhan lainnya. 

Membeli baik secara KPR atau cash ataupun berniat untuk menyewa atau bisa juga mengadai properti bisa menjadi pilihan. Apabila kemampuan keuangan cukup memadai dan memang sudah merencanakan untuk membeli properti maka pilihan untuk membeli bisa dilaksanakan tetapi apabila belum mencukupi dengan menyewa pun bisa menjadi alternatif pilihan asalkan kebutuhan akan tempat tinggal dapat terpenuhi. Saat ini banyak sekali situs properti yang menawarkan baik pembelian ataupun sewa properti. 

Kedua pilihan tersebut bisa jadi disesuaikan dengan kondisi saat ini. Di berbagai bidang tentunya sangat berdampak dengan pandemi ini. Begitupun di bidang properti. Tentu saja Anda akan lebih bijak merencanakannya. 

Apabila Anda sudah siap untuk membeli properti, mungkin beberapa poin di bawah bisa menjadi rujukan apabila berniat untuk membeli baik secara KPR ataupun cash. Apa sajakah poin-poin tersebut. 

Baca juga : 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Apartemen

1. Lokasi

Lakukan riset terlebih dahulu, yakni kenyamanan, keamanan, dan kemudahan akses lokasi. Bagian ini bisa menjadi poin pertama dan utama sebelum benar-benar memilih properti baik di perumahan ataupun apartemen. Karena bisa jadi Anda akan tinggal dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Kenyamanan bukan hanya dari suasana sekitar lingkungan saja akan tetapi juga kenyamanan di dalam rumah atau properti. Pastikan semuanya bangunan kokoh serta kuat dan beberapa bagianpun berfungsi dengan baik serta yang sekarang adalah terbebas dari daerah banjir. Selain kenyamanan adalah keamanan. Faktor yang sangat Krusial tentunya hal-hal yang tidak diinginkan selama menjadi penghuni bisa muncul seperti pencurian, maka poin keamanan perlu diperhatikan. Adanya petugas keamanan yang mengamankan selama 24 jam yang akan membuat kita merasa aman untuk tinggal. Terlebih apabila kita kerap meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. 

Kemudian adalah kemudahan akses. Hal ini berhubungan dengan lokasi tempat Anda tinggal, tidak terlalu jauh dari pusat keramaian atau cukup dekat dengan akses jalan utama atau juga pilihan lain adalah dekat dengan area publik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN