Mohon tunggu...
Alissa NurKarima
Alissa NurKarima Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta

Saya adalah mahasiswa Hubungan Internasional dari UPN Veteran Yogyakarta. Saya aktif mengikuti kegiatan di dalam maupun di luar kampus. Saya merupakan orang yang cukup kreatif juga memiliki kemampuan bersosialisasi dengan mudah. Beberapa kegiatan yang masih saya jalani sampai saat ini adalah sebagai Student Ambassador dari 2 (dua) PT yang dimulai pada awal tahun 2021 dengan terjun dalam dunia start-up. Saya juga berpengalaman mengikuti kegiatan magang di perusahaan ternama, menjadi perwakilan kampus untuk mengikuti pertukaran mahasiswa, juga mengikuti beberapa kegiatan sukarela seperti menjadi volunteer maupun mengikuti campaign. Di lain sisi, kesibukan saya di kampus selain belajar juga aktif dalam organisasi kemahasiswaan maupun kepanitiaan. Kreativitas yang saya miliki berperan penting dalam meningkatkan keterampilan leadership sehingga saya dapat menemukan solusi saat ada kendala. Kemampuan komunikasi yang saya miliki juga berperan penting dalam mencapai target yang dibebankan kepada saya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Program Rumah Budaya Indonesia (RBI) Tokyo Mendorong Diplomasi Indonesia

23 Mei 2022   16:40 Diperbarui: 23 Mei 2022   16:52 162 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Diplomasi adalah sarana atau forum untuk melaksanakan kepentingan politik luar negeri dan kepentingan nasional masing-masing negara, yang merupakan nilai karakteristik nasional atau negosiasi dalam hubungan bilateral dan kerjasama masing-masing negara, dan baik untuk menjaga citra.

Diplomasi budaya merupakan  kajian yang menarik dan sangat penting dalam dunia internasional. Diplomasi budaya itu sendiri berskala kecil, yaitu seni dan olahraga, atau skala besar, seperti publisitas dan kegiatan publisitas lainnya, dan meskipun secara singkat dapat diartikan sebagai kegiatan diplomatik di bidang ekonomi, politik, dan militer, sebagai upaya untuk memperjuangkan kepentingan nasional  melalui budaya.

Keanekaragaman budaya  Indonesia sangat unik dan beragam, dengan banyak budaya yang sebelumnya diakui oleh dunia internasional, seperti UNESCO. Dimana budaya yang sebelumnya  diakui oleh UNESCO  sendiri  secara resmi terukir dalam memori dunia. 

Memori kolektif  dunia ini merupakan proyek UNESCO yang didirikan pada tahun 1992  untuk mengakui kekayaan warisan sejarah nenek moyangnya di dalam dan luar negeri dalam rangka melindungi dan memelihara warisan budaya  dunia serta mengembangkan studi wilayah. .

Berbagai jenis budaya yang  dianggap sebagai warisan budaya oleh UNESCO menunjukkan bahwa Indonesia diakui  berhasil karena kemampuannya menarik perhatian  dunia internasional. Keanekaragaman Budaya Indonesia menyatakan jati diri bangsa Indonesia.  Indonesia adalah budaya yang kaya, unik dan beragam.

Budaya yang lahir dari Indonesia dan warisan budaya  Indonesia yang sedang berkembang itu akan dipertahankan, dilestarikan, dan disimpan. 

Dengan begitu, budaya yang dimiliki  Indonesia dapat terus berkembang untuk generasi selanjutnya. Terlibat dalam diplomasi budaya seperti di banyak negara, merupakan  upaya Indonesia untuk melakukan diplomasi agar budaya Indonesia dapat berkembang,  dilestarikan dan dibina dengan baik.

Di masa sebelum pandemi, pemerintah Indonesia sebelumnya telah melakukan diplomasi kebudayaan yang bergerak untuk menciptakan pusat kebudayaan untuk Indonesia disetiap negara tujuan dengan nama Rumah Budaya Indonesia atau Indonesia cultural centre sebagai salah satu bentuk upaya dalam menjalankan kepentingan nasionalnya.

RBI adalah suatu program dari pemerintah Indonesia yang di ciptakan oleh Kemendikbud sebagai salah satu wujud dari upaya diplomasi budaya dengan tujuan agar memperlihatkan dan mengenalkan keberagaman budaya Indonesia di kanca internasional, sehingga hal ini dapat menjadikan budaya Indonesia lebih diketahui oleh masyarakat global. 

Rumah Budaya Indonesia sendiri merupakan program yang memiliki 3 bagian, seperti, Culture Learning, Culture Expression, dan Culture Advocacy & Promotion. 

Adanya pembangunan RBI ini menjadi sasaran utama Indonesia dalam melakukan diplomasi di beberapa negara, dimana hal ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru terhadap masyarakat global akan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan