Mohon tunggu...
Alisca NurMeliyanti
Alisca NurMeliyanti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Keep calm and belive in allah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kesulitan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Daring di SD

31 Oktober 2020   23:31 Diperbarui: 2 November 2021   16:20 1750
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses pembelajaran daring | Sumber: edukasi.kompas.com

Pada masa pandemi ini sangat mempengaruhi tatanan kehidupan, begitu juga pada pendidikan, pembatasan interaksi mengharuskan pembelajaran dilaksanakan  secara jarak jauh atau disebut daring. 

Pembelajaran daring merupakan salah satu metode pembelajaran online atau dilakukan melalui jaringan internet. (Mustofa, et al, 2019 ) 

Pembelajaran daring dikembangkan untuk memperluas jangkauan layanan pendidikan dan juga meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan. (Lia, 2020). 

Walaupun tidak sama dengan pembelajaran bertatap muka di kelas, namun pembelajaran daring ini memberikan solusi agar terhindar dari penularan wabah yang saat ini sedang terjadi.

Ketika belajar di sekolah seorang pendidik menyampaikan materi secara langsung di dalam kelas, menjelaskan secara teperinci materi dari awal sampai akhir, serta dapat memantau langsung tingkat kepahaman siswa atas materi yang disampaikan. 

Apabila siswa kurang paham terkadang guru mempersilahkan untuk bertanya, namun pada saat ini tentu berbeda suasana pembelajaran yang dirasakan yang dilakukan secara daring. 

Seorang pendidik sangat kesulitan dalam proses pemantauan perkembangan belajar peserta didiknya, materi yang disampaikan menjadi kurang maksimal karena via video , foto ataupun rangkuman tulisan dan sebagainya, jadi akan berimbas kepada peserta didik yang akan sulit dalam memahami materi.

Dalam proses pembelajaran daring hambatan yang dihadapi peserta didik tentu akan menjadi kesulitan misalnya, tidak semua orang tua memiliki handphone dan tidak semua orang tua mengerti cara menggunakan media yang ada.

Hal ini tentunya membuat kesulitan bagi peserta didik dalam menerima pembelajaran dari gurunya, sehingga guru menjadi tidak mengetahui sampai dimana perkembangan pembelajaran peserta didiknya. 

Maka diperlukan upaya keras untuk dapat mewujudkan proses pembelajaran dengan adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua agar dapat berjalan dengan maksimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun