Mohon tunggu...
Nuraeni setianingsih92
Nuraeni setianingsih92 Mohon Tunggu... Anak sunda jawa dan tinggal d padang pasaman barat

Man jadda wajada ,hidup sekali hiduplah yang berarti

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bersuci dan Pembagiannya

10 Mei 2019   22:28 Diperbarui: 10 Mei 2019   22:35 0 1 1 Mohon Tunggu...

A. Pengertian thaharah

    Thaharah secara bahasa berarti bersih dan membebaskan diri dari kotoran dan najis. Sedangkan pengertian thaharah secara istilah adalah menghilangkan hukum hadas untuk menunaikan shalat/ibadah yg selainnya yang di isyaratkan di dlamnya untuk bersuci dengan air atau pengganti air yaitu tayamum.

B. Pembagian thaharah

    Thaharah itu terbagi menjadi 2 yaitu:

     1. Thaharoh Ma'nawiyah(thaharah qalbu)

     Yaitu bersuci dari syirik dan maksiat dengan cara bertauhid dan beramal shaleh, dan thaharah ini lebih penting dan lebih utama dari pada thaharah badan, karena thaharah badan tdk mngkin akan terlaksana apabila teedapat syirik. Seperti dlm QS. Attaubah:8 , yaang artinya "sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis"

Maka wajib bagi seorang muslim yg berakal untuk mensucikan dirinya dari syirik dan keraguan dgn cara ikhlas, bertauhid, dan yakin. Dan juga wajib atasnya untuk mensucikan diri dan hatinya dari kotoran2, maksiat, dengki, benci, dendam, penipuan, kesombongan, riyaa, dan sam'ah.

2. Thaharah hissiyah(thaharah badan)

     Yaitu mensucikan diri dari hadas dan najis, dan ini adalah bagian dari iman yg kke dua, Allah mensyariatkan thaharah badan ini dg whudu dan mandi, atau pengganti keduanya yaitu tayammum. Penghilangan najis dan kotoran ini meliputi pembersihan pakaian, bdan, dan juga tempat shalat. Seperti dalam hadis yang artinya" sesungguhnya kebersihan itu sebagian dari iman".