Mohon tunggu...
Ali Romdhoni
Ali Romdhoni Mohon Tunggu... -

Peneliti. Penyair. Budayawan.

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Nyanyian Cigugur

17 November 2012   00:22 Diperbarui: 24 Juni 2015   21:13 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Puisi ini dibacakan pada malam sayonara untuk peserta short course metodologi penelitian participatory action research, Kamis, 15 Nopember 2012. Dalam pusinya kali ini Ali Romdhoni mengambil latar kondisi alam dan sosial kemasyarakatan di Cigugur.

Nyanyian Cigugur

Karya ALI ROMDHONI

Biarkan aku menghijau, yang tak akan menguning oleh kemarau.

Karena aku tak ingin semua anaku pergi merantau.

Biarkan gang-gang sempitku kembali ramai oleh anak kecil yang bermain.

Karena aku tidak ingin menjadi museum budaya yang dibuat main-main.

Biarkan sawah-sawahku becek. Karena aku tak ingin para petaniku menjadi seorang kakek.

Biarkan air di kolamku membuncah. Karena aku tak ingin rumah ikan itu ditumbuhi rumput gajah.

Biarkan kandang-kandang ternaku tetap bau. Karena dengan itu aku berani menolak menjadi babu.

Biarkan aku bertahan di bawah gunung Ciremai. Karena Ciremai adalah mahkota panoramaku.

Biarkan aku...

Biarkan aku...

Biarkan aku...

Dan ijinkan di bumiku ada banyak rumah Tuhan, bahkan yang berbeda tuan.

Karena demikianlah caraku memberi kedamaian.



Cigugur, 15 Nopember 2012

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun