Mohon tunggu...
Alip Yog Kunandar
Alip Yog Kunandar Mohon Tunggu... Bukan Pemikir, Meski Banyak yang Dipikirin

Dosen Ilmu Komunikasi UIN Jogja, yang lebih senang diskusi di warung kopi. Menulis karena hobi, syukur-syukur jadi profesi buat nambah-nambah gizi. Buku: Memahami Propaganda; Metode, Praktik, dan Analisis (Kanisius, 2017) Soon: Hoax dan Dimensi-Dimensi Kebohongan dalam Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Stalin: (93) Olga Guramishvili

2 Maret 2021   21:00 Diperbarui: 3 Maret 2021   22:23 182 20 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Stalin: (93) Olga Guramishvili
Ilustrasi: Alip Yog Kunandar

Episode Awal: (1) Soso

Episode Sebelumnya: (92) Ajakan ke Novorossiysk

*****

Rombongan itu terdiri dari delapan orang. Enam laki-laki dan dua orang perempuan. Rombongan laki-laki diantaranya Soso, Tuan Nikoladze, dan staf Tuan Nikoladze yang belum Soso kenal nama-namanya. Sementara dua orang perempuan yang ikut adalah Natela dan istri Tuan Nikoladze.

Istri Tuan Nikoladze ini menarik perhatian Soso. Usianya memang tak lagi muda, sekitar 40 tahunan, tapi gurat kecantikannya masih sangat terlihat. Ia bernama Olga Guramishvili. Soso baru kali itu melihatnya dan diperkenalkan kepadanya oleh Tuan Nikoladze. Sayangnya, ia tak bisa bertanya lebih lanjut soal itu.

Kepada Natela lah, Soso berani menanyakannya, saat mereka ngobrol berdua di dek kapal uap yang akan membawa rombongan itu ke Novorossiysk. Kapal itu sudah melanju meninggalkan Pelabuhan Poti sejak beberapa jam lalu.

"Dia istri kedua Tuan Nikoladze. Sebelum bersamanya, Tuan Nikoladze pernah menikah dengan seorang perempuan asal Polandia, Bogumila Zemaianskaia, punya anak tiga, satu cowok, meninggal, dan dua cewek, Nino dan Lolo," kata Natela. "Waktu Tuan Nikoladze ditahan pihak kekaisaran dan dibuang ke Stavropol[1] tahun 1880, Tuan Nikoladze mulai dekat dengannya dan menikahinya setelah menceraikan istrinya yang pertama..."

"Bangsawan ya?" tanya Soso.

Natela mengangguk, "Iya. Dia itu putri dari Alexander Guramishvili dari Avchala, sebelah utara Tiflis. Salah satu saudaranya, juga bernama Olga, adalah istri dari Pangeran Ilia Chavchanadze!"

Soso melongo, "Pantesan Tuan Nikoladze dekat dengan Pangeran Ilia, taunya mereka terikat persaudaraan dari istrinya masing-masing ya..."

Natela meliriknya, "Memangnya kamu kenal Pangeran Ilia Chavchanadze?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN