Mohon tunggu...
alin nina nurlina
alin nina nurlina Mohon Tunggu... Koki - mahasiswa

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen pada PT. Victory Retailindo (Perusahaan Retail)

8 Desember 2022   20:12 Diperbarui: 8 Desember 2022   20:26 1006
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sistem pengendalian manajemen merupakan cara mengontrol kinerja perusahaan. Dasar dari terciptanya keseimbangan dan kesesuaian untuk mencapai keefektifan serta keefisienan agar mencapai keuntungan maksimal bagi perusahaan. Dalam pengendalian manajemen tidak hanya mengatasi masalah dari dalam perusahaan itu sendiri tetapi juga dari luar misalnya daya saing. Dengan daya saing yang tinggi perusahan dapat mempertahankan kelangsungan operasinya. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian manajemen yang diterapkan pada PT. Victory Retailindo.

PT. Victory Retailindo adalah perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1999, dan bergerak dibidang Retail (Japanese Supermarket) dan Food Processing. Pada awal mulanya, PT. Victory Retailindo didirikan dengan dilatarbelakangi tujuan untuk melayani transaksi penjualan produk impor khususnya produk Jepang secara grosiran atau pembelian dalam kuantitas atau jumlah yang besar kepada pelanggannya. Akan tetapi, seiring dengan perkembangannya, PT. Victory Retailindo mulai mengubah sistem transaksi penjualannya dari transaksi secara grosir menjadi eceran. Hal ini disebabkan untuk mencegah para pesaing atau kompetitor lain masuk ke dalam industri retail ini. PT Victory Retailindo memiliki Visi dan Misi. Visi perusahaan yaitu dan menjadi supermarket produk-produk Jepang terbesar di Indonesia, Misi Perusahaan yaitu :

1. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggannya.

2. Menyediakan produk yang dapat memenuhi keinginan pelanggan.

PT. Victory Retailindo sendiri memiliki supermarket yang dinamakan Papaya Supermarket.

Beberapa value yang tetap menjadikan Papaya salah satu pilihan customers dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya:

  • Stok  yang Selalu Tersedia, Papaya Supermarket menjamin stok barang di toko selalu tersedia untuk memenuhi kebutuhan customers.
  • Kebersihan, Area toko, showcase, dan barang display yg selalu bersih
  • Berkualitas dan fresh, Barang display seperti buah dan sayur yang fresh, makanan siap santap yang disajikan selalu baru dan selalu hangat, dan sushi sashimi yang selalu fresh setiap hari nya
  • Rapi, Barang display buah dan sayur, sushi sashimi, makanan siap santap dan groceries yang selalu tertata rapi
  • Berhubungan baik dengan customers, Selalu memberikan pelayanan terbaik untuk customer

Keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh Papaya Supermarker perlu dikontrol dengan adanya sistem pengendalian yang efektif sehingga setiap strategi yang di implementasikan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Sistem pengendalian meliputi pengendalian manajemen dan pengendalian tugas :

  • Pengendalian Manajemen, Proses pengendalian manajemen berfokus pada aktifitas para manajer dalam menjalankan unit organisasi perusahaan. Dan semua karyawan patuh terhadap SOP yang berlaku
  • Penggunaan otomatisasi data, Papaya Supermarket menginvestasikan teknologi yang dapat mengoptimalkan data transaksi penjualan, beban, rugi laba, pemesanan, pengiriman, komunikasi dan logistik dari tiap toko. Sehingga para manajer dapat dengan mudah untuk menganalisa data transaksi. Dengan sistem ini manajer juga bisa melihat pola pembelian pelanggan sehingga manajer dapat meramalkan dan mengatur persediaan toko.
  • Insentif toko dalam mengatasi pencurian, Biaya yang cukup besar yang dikeluarkan dari bisnis di bidang retail adalah adanya pencurian dalam skala kecil. Papaya Supermarket memberikan porsi sebesar 50% untuk insentif toko yang dihitung dari penghematan atas penurunan tingkat pencurian di toko tersebut. Dengan ini masing-masing toko akan bersemangat untuk mengatasi masalah pencurian karena mereka akan mendapat insentif yang langsung diberikan oleh manajemen atas hasil yang telah dicapai.
  • Sistem reward bagi pekerja, Papaya Supermarket menerapkan penghargaan bagi para pekerjanya yang telah bekerja dengan loyal, Papaya Supermarket mempunyai rumus bagi hasil berupa saham yang diberikan untuk pekerjanya yang telah bekerja selama lebih dari satu tahun atau setidaknya seribu jam setahun. Papaya Supermarket juga memberikan insentif berupa insentif tiap bulan atas disiplin waktu masuk kerja, bonus, promosi dan kenaikan gaji atas dasar kinerja para pekerja dan bukan dinilai dari senioritas pekerjanya.
  • Pengendalian Tugas, Proses pengendalian tugas berfokus pada aktifitas yang berhubungan dengan tugas tertentu yang sedikit atau tidak ada pengambilan pertimbangan untuk melaksanakannya.
  • Best Yesterday Champaign, Papaya Supermarket mengimplentasikan program Best Yesterday yang memberikan acuan dan kontrol bagi pekerja dalam menigkatkan kinerja penjualan harian terhadap penjualan yang diterima pada satu tahun sebelumnya. Dengan ini pekerja dapat melihat hasil yang telah didapat dan memberikan sistem target bagi pekerja.
  • People Greater dan 10-Foot Attitude, Papaya Supermarket memastikan tingkat interaksi antar pekerja -- pelanggan dengan menerapkan dan menstandarkan tingkat pelayanan kepada pembelinya. Keramahan dari pekerja Papaya Supermarket diterapkan dengan menyapa pelanggan bila pelanggan memasuki toko dan bila ada pelanggan berada di dekat pekerja yang berjarak sekitar 10 kaki darinya, pekerja tersebut akan menawarkan bantuan kepada pelanggan dan memastikan semua kebutuhan pelanggan itu telah terpenuhi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun