Mohon tunggu...
Alin FM
Alin FM Mohon Tunggu... Penulis - Mencoba

Mencoba menjadi untuk jadi penulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Anakku Rindu Masjid

15 Agustus 2021   22:44 Diperbarui: 15 Agustus 2021   22:46 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
aceh.tribunnews.com

Anakku Rindu Masjid

Oleh

Alin FM

Sebagai seorang ibu, pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Melindunginya dan mencurahkan kasih sayang yang tulus untuk si buah hati. Memastikan anak menjadi anak Sholeh sebagai investasi akhirat kelak. Berdoa dan bertawakal agar anak selalu dekat dengan Allah SWT dan masjid.

Siapa yang tidak senang melihat anak laki-lakinya sholat berjamaah di masjid setelah adzan berkumandang. Melihat mereka antusias mendengarkan adzan lalu cepat datang ke masjid. Sholat berjamaah, berdzikir dan  berdoa sampai selesai lalu pulang.

Di saat Pandemi, tak menyurut langkah mereka untuk datang ke masjid. Memakai double masker dan membawa sajadah sendiri pun di lakukan. Wudhu di rumah dan sepulang dari masjid tak lupa cuci tangan. Meminta perlindungan kepada Allah SWT dari segala marabahaya tersebut dari penyakit covid 19.

Seiring menyebar laju virus covid 19 kian mengkhawatirkan. Aku meminta anakku sholat di rumah. Ia pun sedih tatkala di larang ke masjid. Menurutnya masjid tempat yang menyenangkan. Ia belajar mengetahui waktu dengan adanya adzan. Ia bilang Sholat di masjid lebih asyik dibandingkan sholat di rumah.

Di dalam rumah ia pun sering memandang keluar jendela sembari bershalawat mengikuti lantunan suara sholawat dari mesjid. Menyiratkan ia pun sangat ingin ke sana. Kadang ia berkata, ummi itu masih ada ke masjid? dengan nada sedih. Aku pun diam sejenak, mencari kata yang tepat agar ia tidak tambah sedih. Lalu aku pun berkata, "Nanti ya sayang, kalo lonjakan Corona tidak lagi tinggi, pasti Abang bisa ke masjid lagi". Sambil tetap menyemangati.

Seiring semakin naiknya grafik penularan Covid-19 di Indonesia, pemerintah setiap hari mengumumkan berapa jumlah yang terjangkit, jumlah yang sembuh bahkan yang meninggal dunia. PPKM segera diterapkan pemerintah. Saya pun yang khawatir ketika keluar rumah. Apalagi menurut berita virus covid 19 varian delta sangat gampang tertular.

Di tengah kebingungan antara membiarkan anak pergi ke masjid atau sholat berjamaah di rumah. Ironi bukan..

Pada dasar pendidikan anak haruslah  sejak dini agar mereka terbiasa dari kecil menjalankan agama. Ketika sudah terbiasa maka pastilah timbul rasa senang dengan ibadah di kemudian hari. Menanamkan  akidah sampai syariah, termasuk sholat jamaah di masjid perlu menjadi perhatian terutama anak laki-laki. Terlebih menanamkan akidah yang kokoh bagian amanah orangtua dalam mendidik anaknya. Namun tetaplah orang tua makhluk yang terbatas. Butuh peran lingkungan dan negara untuk membentuk anak Sholeh dan sholehah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan