Mohon tunggu...
Ali Musri Syam
Ali Musri Syam Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Pekerja, peduli dan tertarik dunia olahraga khususnya sepakbola, dunia satra, dan sosial politik. Karena Menulis adalah cara paripurna mengeja zaman, menulis adalah jalan setapak menjejalkan dan menjejakkan kaki dalam rautan sejarah, menulis menisbahkan diri bagi peradaban dan keberadaban. (Bulukumba, Makassar, Balikpapan, Penajam Paser Utara) https://www.facebook.com/alimusrisyam https://www.instagram.com/alimusrisyam/

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Dari Al Baqarah 183, Bukhari Muslim hingga Kutipan "Janda" Zainuddin MZ: Kisah Klasik Ramadan

28 April 2021   19:19 Diperbarui: 28 April 2021   19:30 784 61 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Al Baqarah 183, Bukhari Muslim hingga Kutipan "Janda" Zainuddin MZ: Kisah Klasik Ramadan
Alquran & Terjemahan, Alquran Tafsir Perkata, Ringkasan Sahih Muslim (Dokpri @AMS99)

Bulan suci ramadan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan. Didalamnya terdapat banyak keutamaan dibandingkan dengan sebelas bulan lainnya.

Beberapa diantara keutamaan itu adalah terbukanya pintu-pintu langit, dilipatgandakannya pahala dan dikabulkannya segala doa-doa.

Setiap datangnya bulan suci ini, umat islam berlomba-lomba mengisinya dengan berbagai macam ibadah untuk memperoleh ganjaran pahala yang sebanyak-banyaknya.

Mulai dari ibadah wajib sampai ibadah sunnah, semua antusias untuk ditunaikan.

Baca JugaSenjata Pamungkas itu Bernama KOJIMA, Madu Lengkap Menjaga Nutrisi Berpuasa

Beberapa ibadah yang paling sering dilakukan adalah membaca Alquran, hadis dan dan melafalkan doa-doa.

Diantara bacaan tersebut terdapat doa, hadis, ayat yang paling diingat saat ramadan, bahkan sebagian besar kita hafal karena memang sangat masyhur. Sehingga bagi saya serasa menjadi kisah klasik ramadan.

Bacaan tersebut antara lain:

Ayat Alquran Surah Al Baqarah (2) ayat 183, yang artinya

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Ayat Alquran ini begitu familier bagi kita karena paling sering kita dengar. Dalam berbagai ceramah, khotbah, kajian, kultum dan sejenisnya ayat ini paling sering di lantunkan. Sebagian besar kita juga menghafalnya dengan fasih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN