Mohon tunggu...
Ali Musri Syam
Ali Musri Syam Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Pekerja, peduli dan tertarik dunia olahraga khususnya sepakbola, dunia satra, dan sosial politik. Karena Menulis adalah cara paripurna mengeja zaman, menulis adalah jalan setapak menjejalkan dan menjejakkan kaki dalam rautan sejarah, menulis menisbahkan diri bagi peradaban dan keberadaban. (Bulukumba, Makassar, Balikpapan, Penajam Paser Utara) https://www.facebook.com/alimusrisyam https://www.instagram.com/alimusrisyam/

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Masih Pandemi, Aktivitas Ibadah di Masjid Dijadikan Momentum Meraih Pahala

14 April 2021   23:55 Diperbarui: 15 April 2021   00:26 345 50 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masih Pandemi, Aktivitas Ibadah di Masjid Dijadikan Momentum Meraih Pahala
Dokumentasi Pribadi Ali Musri Syam @AMS99_Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center

Ramadan tahun 2020 nyaris tanpa kegiatan ibadah di masjid, Ramadan tahun 2021, kegiatan ibadah di masjid diperbolehkan dengan tetap menrapkan protokol kesehatan

Ramadan tahun ini, terasa berbeda dengan tahun sebelumnnya di tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnnya. Jika di tahun 2020, awal pandemi melanda negara kita, maka nyaris seluruh aktivitas hidup kita sehari-hari sangat terbatas, protokol kesehatan begitu sangat ketat, seperti adanya pemberlakuan jam malam, penutupan sarana umum, termasuk tempat-tempat ibadah.

Jika Ramadan sebelum tahun 2020, kita rayakan dan meriahkan dengan berbagai aktivitas rutin dan aktivitas ibadah secara normal, maka aktivitas dalam mengisi ramadan tahun 2020 khususnya yang berhubungan dengan ibadah khas bulan suci Ramadan, seperti salat lima waktu, dan salat tarawih dilaksanakan sepenuhnya di rumah, meski demikian tidak mengurangi antusias, semangat dan kekhusyukan kita dalam menunaikannya.

Memasuki awal Ramadan tahun 2021, berita menggembirakan dari pemerintah tentang bolehnya melaksanakan ibadah di masjid dengan menerapkan protokol kesehatan. Tentu saja hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Kita yang senantiasa berharap melaksanakan ibadah secara khusyuk dan berjamaah seraya mengharap balasan amal ibadah yang berkali lipat.


Setiap bulan suci Ramadan Kita sebagai umat Islam senantiasa merasa lebih semangat dan terpacu dalam melakukan berbagai macam ibadah, terutama ibadah wajib, dan ibadah khusus yang hanya ada di bulan suci ini, seperti salat lima waktu, salat tarawih, dan juga nantinya menjelang idul fitri ada menunaikan ibadah zakat.

Jika di tahun 2020 yang lalu, nyaris kita semua, bahkan saya secara pribadi sebulan penuh, tidak pernah melaksanakan ibadah salat di masjid, karena adanya himbauan untuk tidak melaksanakannya dan saya sendiri melakukan ibadah salat di rumah saja.

Pengalaman Ramadan tahun 2020 hendaknya kita jadikan renungan sekaligus mengambil hikmah, jika tahun ini Tuhan memberikan kita jalan dan kesempatan untuk mengisi hari-hari dengan aktivitas ibadah yang lebih baik. Jika melakukan amal kebaikan di bulan suci Ramadan, terlebih lagi di laksanakan di Masjid, baik ibadah secara sosial maupun ibadah ritual, maka pahalanya di lipat gandakan.

Semoga Bermanfaat!

Wallahu A’lam Bissawab

Balikpapan, 14 April 2021

Ali Musri Syam Puang Antong

VIDEO PILIHAN