Mohon tunggu...
Alimudin Garbiz
Alimudin Garbiz Mohon Tunggu... Dosen - Berbagi Kebahagiaan, Berbuat yang Terbaik

Dosen Universitas Garut (UNIGA) dan Sekolah Tinggi Hukum (STH) Garut

Selanjutnya

Tutup

Politik

Mengenal Anies sebagai Capres Potensial

23 September 2022   06:25 Diperbarui: 23 September 2022   06:54 493 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bersama Anies Baswedan Foto Doc Alimudin

Oleh: Alimudin Garbiz (Indonesian Collaborative Institute)

Banyak yang sudah mengenal Anies Baswedan sebagai Tokoh Publik yang sangat dikenal di Indonesia. Sebagai public figur yang saat ini digadang-gadang akan menjadi Calon Presiden paling potensial. Tentu saja sangat menarik perhatian semua pihak. Walaupun sudah jelas, namun tak sedikit banyak yang bertanya, memang prestasi Anies Baswedan selama ini apa saja. Bisa jadi karena tidak tahu, pura-pura tidak tahu, ataupun karena keterbatasan akses informasi ke daerah. Padahal sekarang di daerrah pun akses informasi sudah sedemikian terbuka. Mungkin adapula yang nyinyir dan mengabaikan fakta yang ada. Perlu sedikit bisa membuka mata, hati dan pikiran agar tercerahkan dan tercerdasakan.

Walaupun bagi Anies tak masalah, sebab bagia dia sendiri sudah punya prinsif yang sangat jelas. Beliau hanya berbuat dan berbuat, dipuji tidak terbang, dicaci maki tidak tumbang. Sebagian orang mempertanyakan prestasi Anies Baswedan. Kalau prestasi dalam bentuk penghargaan berupa piagam dan penghargaan lainnya tentu sudah banyak. Dan tentu saja Anies Baswedan bukan tipe orang yang membuat penghargaan atau plakat sendiri lalu ditampilkan pura-pura di depan public, hanya untuk menambah popularitas atau dianggap berhasil. Dan prestasi dalam bentuk penghargaan kepada Anies Baswedan, tentu saja tidak hanya bersifat lokal, akan tetapi Anies merupakan sosok pemimpin bangsa dengan level pergaulan Internasional. Karena Beliau sendiri lulusan luar negeri dan bukan ijazah abal-abal.

Kita inventarisasi sebagian hasil karya Anies Baswedan berupa pembangunan-pembangunan dalam bentuk fisik dan non fisik :

  • Jakarta Internastional Studium
  • Prestasi Anies Baswedan yang paling monumental adalah Jakarta International Studium (JIS) yang berlokasi di daerah Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Anies sendiri mengatakan bahwa JIS adalah mahakarya yang dibangun sepenuhnya oleh warga Indonesia. Anies sendiri menyatakan baha JIS merupakan Mahakarya yang dibangun 100 persen oleh anak-anak bangsa dari keringat orang Indonesia yang dilahirkan dari rahim-rahim ibu Indonesia. Pembangunan JIS merupakan bukti penuntasan janji yang ia sampaikan kepada The Jakmania pada lima tahun sebelumnya. Anies mengakui bahwa JIS bukan proyek Anies sendirian. Terdapat andil dan peran yang sangat luar biasa dari para gubernur DKI Jakarta sebelumnya. Proyek ini diketahui telah melewati empat kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta. Anies juga menuturkan JIS tidak akan terwujud tanpa dukungan dari semua pihak.  (Novelino, 2022)

  • Formula E

Anies sukses menyelenggarakan Ajang balap mobil listrik atau Formula E sukses digelar di DKI Jakarta pada Sabtu (4/6) silam. Sirkuit balapan Formula E ini berlokasi di Ancol, Jakarta Utara. Penyelenggaraan Formula E termasuk dalam rangkaian acara 'Jakarta Hajatan' itu berhasil membawa nama baik ibu kota negara ke seluruh penjuru dunia. (Novelino, 2022)

  • Aplikasi Jakarta Kini (JAKI)
  • Anies membanggakan aplikasi digital Jakarta Kini (JAKI) yang digunakan Pemprov DKI sebagai pusat informasi penanganan Covid-19 di Ibu Kota. JAKI merupakan capaian non fisik yang sangat besar sebagai super apps yang di dalamnya ada banyak layanan publik, dari mulai aduan yang bisa ditracking prosesnya oleh warga sampai dengan kebutuhan melakukan vaksinasi bagi warga ber KTP DKI bahkan bagi warga yang bukan ber KTP DKI. Dan JAKI ini diakui di level internasional (Novelino, 2022)

  • Integrasi Transfortasi
  • Dalam bidang Transfortasi, Anies sukses menjadikan Jakarta sebagai Kota Berketahanan Iklim, bahkan Anies menyampaikan hal tersebut dalam forum diskusi internasional kota-kota anggota C40 bersama Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Gutteres pada Jumat, 16 April 2021. Jakarta telah bertransformasi dari pembangunan yang berbasis mobil ke pembangunan yang berbasis transit. (Novelino, 2022)

  • Tidak aneh jika pada akhirnya Anies termasuk Pahlawan Transfortasi tingkat dunia, sejajar dengan Elon Musk. Anies Baswedan masuk jajaran pahlawan transportasi dunia tahun 2021 atau 21 Heroes 2021. Penghargaan ini diberikan oleh Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI). Nama Anies bersanding dengan 20 tokoh dunia lainnya, antara lain pendiri Space X dan Tesla, Elon Musk. Berdasarkan informasi dari laman resminya, TUMI adalah organisasi yang mendorong inisiatif implementasi kebijakan tentang transportasi urban berkelanjutan. Organisasi asal Jerman itu dibentuk oleh 11 mitra bergengsi. Penghargaan 21 Heroes 2021 diberikan kepada tokoh dunia yang dinilai mampu mengembangkan bidang transportasi di tengah tantangan global menghadapi pandemi Covid-19. (Rindi Nuris Velarosdela, 2021)

  • Pajak Bumi dan Bangunan Gratis
  • Anies tak hanya pandai menata kata, namun beliau mampu membuat terobosan kebijakan spektakuler dan di luar pemikitran biasa (out of the box). Kebijakan tersebut ia tuangkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 23 Tahun 2022 Kebijakan Penetapan dan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Tahun 2022.

  • Anies menyebut kebijakan tersebut dikeluarkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di ibu kota dari tekanan pandemi. Adapun untuk rumah dengan NJOP lebih dari Rp2 miliar, dia memberi diskon PBB 10 persen bagi rumah tinggal dan 15 persen selain rumah tinggal. Selain itu, ia memberi faktor pengurangan pajak 60 meter persegi untuk bumi dan 36 meter persegi untuk bangunan.

  • WTP 5 Kali berturut-turut
  • Anies telah menunjukkan performance dan integritas sangat baik dengan mendapatkan predikat Wajar tanpa pengecualian (WTP). Sebuah pencapaian luar biasa dan catatan sejarah sejarah DKI Jakarta mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk kelima kalinya secara beruntun sejak 2017 hingga 2021.

  • Deretan Prestasi Anies dalam Bentuk Penghargaan
  • Berbagai penghargaan didapatkan oleh Anies Baswedan. Ketua Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) La Ode Basir mengunggah berbagai penghargaan yang diterima oleh Anies Baswedan. Penghargaan adalah pengakuan atas karya yang dihasilkan. Hasil karya itu bisa dlm bentuk kebijakan, pembangunan fisik maupun non fisik yg dirasakan manfaatnya atau menghadirkan perubahan kearah yg lebih baik. Beberapa penghargaan tersebut diantaranya :
  • pengharagaan untuk DKI Jakarta sebagai Pelopor Provinsi Layak Anak 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pada 2019.
  • DKI Jakarta juga berhasil meraih empat penghargaan sekaligus kategori Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2019. Keempat penghargaan itu meliputi, Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Kedua berdasarkan intensitas dan Beban Kerja Urusan Pemerintah Daerah Bidang Ketenagakerjaan Kategori Sedang.
  • Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik pada Indikator Utama Penduduk dan Tenaga Kerja, Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik pada Indikator Utama Kesempatan Kerja, dan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik pada Indikator Utama Jaminan Sosial Tenaga Kerja.
  • Penghargaan kategori Pemerintah Daerah Peduli Anak oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), hingga penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Award dari Bank Indonesia.
  • -dari Komite Sustainable Award yang menganugerahi DKI Jakarta gelar Honorable Mention pada malam penganugerahan Sustainable Transportation Award (STA) 2020.
  • Juara umum dan menyabet sembilan penghargaan sekaligus dalam Anugerah Public Relations Indonesia Awards (PRIA).
  • Prestasi PR Indonesia Most Popular Leader in Social Media 2020 Kategori Gubernur dalam Ajang The 6th Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) dan masih banyak lagi penghargaan lain yang diraih Gubernur Anies pada 2020.
  • Anies Baswedan dinobatklan sebagai pahlawan transportasi dunia atau 21 Heroes 2021. Penghargaan ini diberikan oleh Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI). 21 Heroes 2021 merupakan penghargaan yang diberikan kepada 21 tokoh dunia yang mampu mengembangkan sistem transportasi urban berkelanjutan di tengah tantangan global dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Selain Gubernur Anies, dalam jajaran pahlawan versi TUMI itu juga ada CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk.
  • Penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan.
  • Ibu Kota Jakarta dinilai berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi. Di antara inovasi tersebut adalah mengintegrasikan mikrobus (angkot) dengan layanan Transjakarta, menghadirkan MRT Jakarta dan LRT Jakarta.
  • Jakarta sebagai kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA, karena mengintegrasikan layanan transportasi, baik fisik maupun pembayaran, penataan kawasan transportasi publik milik DKI Jakarta dengan perusahaan transportasi publik milik negara, dan mengembangkan bus listrik yang ramah lingkungan.
  • Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Jakarta Smart City juga meraih penghargaan kategori Best in Future of Digital Innovation dalam ajang IDC Future Enterprise Awards 2021. Inovasi yang dilakukan Jakarta Smart City adalah JAKI (Jakarta Kini).
  • Anies sukses membawa DKI meraih lima penghargaan dalam ajang Top Digital Awards 2021. Kelima penghargaan tersebut yakni, Top Digital Implementation 2021 Level Stars 5 untuk Pemprov DKI dan Top Leader on Digital Implementation 2021 untuk Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.
  • Top CIO on Digital Implementation 2021 untuk Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania, Top Digital in Public Service & Smartcity Solution 2021 untuk Pemprov DKI dan Top IT Manager on Digital Implementation 2021 untuk Kepala BLUD Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha.
  • Jakarta International Stadium (JIS), satu dari 10 stadion sepak bola termegah sejagat yang dibangun era Gubernur Anies dan akan segera diresmikan itu juga berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
  • MURI memberikan penghargaan pada tiga kategori, yaitu lifting struktur atap stadion dengan bobot terberat, stadion pertama yang menggunakan sistem atap buka-tutup, serta stadion green building dengan sertifikasi platinum pertama.
  • Anies mendapatkan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jumat, 18 Maret 2022 karena dinilai memiliki komitmen tinggi dan berprestasi dalam pembangunan pendidikan. (Basir, 2022)

Berbagai Prestasi tersebut, tentu saja beluam, semuanya tertuliskan. Anies Baswedan juga manusia biasa yang tidak sempurna, Paling tidak, Prestasi Anies yang sudah disampaikan, bisa membuka pikiran kita, dan meyakinkan kita, bahwa Anies Baswedan adalah sosok anak bangsa, yang sangat dibutuhkan oleh kita semua, bangsa Indonesia dalam mewujudkan Indonesia yang lebih berdaulat, adil, makmur dan Sejahtera. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing bangsa ini menjadi Negara yang baldhatun tayyibatu warabbun ghafur. Aamiin....!

Salam Hebat, Bahagia dan Perubahan Indonesia Lebih baik (Great Indonesia) 

-Alimudin Garbiz (Indonesian Collaboration Institute)

MARS ANIES :

REFERENSI :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan