Mohon tunggu...
Alim Syahwana
Alim Syahwana Mohon Tunggu... -

more visit my profile\r\nhttp://www.alimsyahwana.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengatur Waktu Kuliah Sambil Bekerja

24 Agustus 2014   20:52 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:41 567
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nah kali ini saya akan berbagi tips lagi. Buat teman-teman mahasiswa/i.pastinya ada yg beraktivitas hanya kuliah dan juga ada yang kuliah sambil kerja mungkin.saya sendiripun kuliah sambil bekerja Nah bagi yang susah mengatur waktu kuliahnya lantaran bekerja, saya akan berbagi tipsnya. Mau tahu tipsnya apa ??  Yuk mari di simak ,,, Menuntut ilmu dengan pendidikan yang baik akan sangat berguna bagi kita di masa mendatang. Hal tersebut terlebih akan sangat berguna bagi perkembangan karir kita di masa mendatang. Bekerja sambil menuntut ilmu atau kuliah adalah hal yang dapat dilakukan untuk memperoleh pendidikan setinggi-tingginya. Bekerja bukan menjadi penghalang seseorang untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi. Meskpiun pekerjaan bukan menjadi hambatan dan kendala bagi kita, tentu saja ada beberapa konsekuensi yang perlu diterima saat memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Salah satu konsekuensinya ialah masalah pembagian waktu. Belajar mengatur waktu agar semuanya berjalan dengan baik karena waktu yang dimiliki tentunya tidak banyak. Jika tidak pandai dalam mengatur waktu maka salah satu atau bahkan keduanya akan terbengkelai. Tentu saja, jika kita pandai dalam mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, semua akan berjalan lancar dan juga sukses. Jadi, jangan ragu untuk mengambil jalan ini. Sebelum memilih kuliah sambil bekerja, ada beberapa tips yang dapat kita ikuti agar sukses ke depannya: a. Persiapkan diri sebaik mungkin, pahami konsekuensinya dan dampak-dampaknya. b. Siapkan mental dan berusaha untuk selalu konsekuen dengan pilihan ini. c. Perhatikan masalah dana, selain biaya kuliah, biaya buku dan lainnya juga akan  menuntut pengeluaran tambahan. d. Carilah dukungan dari orang-orang sekitar, baik itu dari keluarga, teman-teman, maupun rekan kerja. e. Atur waktu sebaik mungkin, untuk pekerjaan, kuliah, tugas kuliah, dan sebagainya. f. Me-refresh otak dan pikiran juga perlu dilakukan agar tidak terlalu jenuh dengan semua rutinitas tersebut. Dengan cara tersebut, kita akan lebih siap dalam memasuki kegiatan baru yang lebih berat dan padat, yakni kuliah sambil bekerja. Dengan niat dan tekad bulat semuanya akan berjalan dengan baik. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa pengaturan waktu memang sangat penting. Kita memerlukan strategi dalam membagi waktu tersebut. Ada beberapa tips mengatur waktu untuk kuliah sambil bekerja, yakni:

  • Catat semua kegiatan dalam sebuah agenda berdasarkan waktunya.
  • Buat list semua kegiatan dan buatlah perinciannya dengan memecah-mecahkan setiap kegiatan inti, misal kegiatan membuat paper kuliah dengan memecahnya ke dalam aktifitas: mencari bahan di perpustakaan, berdiskusi dengan teman, dan sebagainya.
  • Buat prioritas dari masing-masing aktivitas dan tugas tersebut.
  • Buatlah rincian waktu pengerjaan aktivitas tersebut secara urut dan teratur.
  • Buatlah jadwal yang cukup jelas untuk kegiatan kuliah dan kerja dalam agenda.
  • Dengan cara membagi waktu yang tepat tersebut, kita tidak akan lupa lagi tentang aktivitas dan kegiatan kita sehari-hari. Sehingga, semua hal akan terlaksana dengan baik.

Nah ,, segitu dulu yach tips dari saya. Semoga bermanfaat ya ^^ dan selamat mencoba (*_*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun