Lingkungan Pilihan

6 Tips Menghadapi Gempa Bumi

12 Oktober 2018   07:17 Diperbarui: 12 Oktober 2018   08:19 962 0 0

Indonesia sedang dilanda permasalahan yang cukup serius. Gempa bumi yang sering terjadi dalam beberapa waktu ini menjadi satu permasalahan yang serius dan tidak terjadi di satu tempat saja. beberapa daerah di Indonesia mengalami kerusakan akibat terjadinya gempa bumi. Kerusakan yang terjadi berdampak bagi semua bidang kehidupan, mulai dari pendidikan, sosial, hingga kesehatan. 

Terjadinya bencana alam memang dapat terjadi sewaktu-waktu dan tidak menentu. Namun, bencana alam khususnya gempa bumi dapat dideteksi dengan sejumlah alat pendeteksi gempa. Pentingnya alat pendeteksi gempa bumi ini sangat berguna untuk mengetahui bagaimana kondisi pergerakan didalam lapisan bumi.

Sebagai masyarakat umum, gempa bumi menjadi suatu bencana yang dapat menimbulkan kepanikan luar biasa. Dimana hal ini dapat dikarenakan shock berat yang dialami masyarakat karena terjadinya gempa bumi yang tiba-tiba. Untuk menghadapi gempa bumi, terdapat beberapa tips yang dapat dijadikan referensi pengetahuan terkait gempa bumi yang sering terjadi akhir-akhir ini. Berikut merupakan tips untuk menghadapi gempa bumi:

1. Persiapan mental

Semua masyarakat perlu memiliki mental yang cukup kuat dalam menghadapi berbagai rintangan. Terutama untuk permasalahan gempa bumi yang tiba-tiba terjadi. Setiap masyarakat harus memiliki ilmu pengetahuan mengenai bencana alam, sehingga dapat menerapkan hal-hal positif untuk meminimalisir terjadinya bencana alam, khususnya gempa bumi.

2. Perbanyak mengikuti sosialisasi tanggap bencana alam khususnya gempa bumi

Edukasi mengenai bencana alam sangat dibutuhkan untuk dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait bencana alam. Edukasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. 

Mengkampanyekan edukasi tanggap bencana sangat penting dilakukan. Dengan bertambahnya pengetahuan masyarakat terhadap bencana alam, maka masyarakat dapat secara jelas memahami bagaimana bencana alam tersebut dapat terjadi. Sehingga dengan adanya hal tersebut, masing-masing individu dapat menerapkan kegiatan-kegiatan sederhana yang bertujuan untuk menjaga lingkungan.

3. Ikut simulasi kegiatan bencana alam

Ada baiknya jika masyarakat juga mengikuti simulasi kegiatan bencana alam yang diadakan oleh berbagai pihak. Dan tips ini dapat menjadi peringatan untuk pemerintah supaya lebih aware terhadap bencana alam yang terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, simulasi kegiatan bencana alam juga tergolong aktifitas yang cukup penting untuk dilakukan sehingga masyarakat lebih paham dan aware dengan bencana alam yang dapat terjadi kapan saja, khususnya gempa bumi.

4. Stop penambangan ilegal

Kerusakan area dalam bumi dapat terjadi karena penambangan yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Dimana ketika penambangan ini dilakukan secara ilegal tanpa memperhatikan dampak yang akan terjadi, tentu sangat berbahaya dan berdampak untuk terjadi bencana alam, khususnya gempa bumi. 

Edukasi untuk industri pertambangan penting dilakukan untuk dapat meningkatkan kepedulian aktifitas pertambangan dengan dampak yang dapat terjadi.

5. Membangun infrastruktur atau rumah tahan gempa

Untuk daerah yang rawan terjadi gempa, sangat penting untuk memikirkan kosntruksi bangunan. Dimana konstruksi bangunan memiliki dampak yang signifikan untuk menghadapi gempa bumi. 

Kosntruksi bangunan tahan gempa sudah seharusnya dilakukan untuk bangunan yang terdapat diarea yang rawan terjadi gempa. Edukasi pentingnya kosntruksi bangunan tahan gempa sangat penting dilakukan, supaya masyarakat lebih memahami bagaimana pentingnya konstruksi bangunan yang tahan terhadap gempa bumi.

6. Menanam pohon

Merupakan sebuah hal yang sangat sederhana namun sangat berdampak bagi kehidupan. Menanam pohon merupakan kegiatan sederhana yang bisa dilakukan tanpa banyak alasan.

Salah satu penyebab terjadinya gempa bumi adalah struktur tanah yang kurang kuat. Struktur tanah yang kurang kuat ini dapat ditimbulkan oleh kurangnya pohon didaerah tersebut.

Menanam pohon merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh semua orang untuk mendukung dan meminimalisir terjadinya gempa bumi, dan bahkan bencana alam lainnya. Oleh karena itu, kita harus mencintai lingkungan dan jangan lupa menanam pohon. Bukan memperbanyak penebangan pohon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2