Mohon tunggu...
Ali Husny Mubaroq
Ali Husny Mubaroq Mohon Tunggu... Dosen - Mahasiswa

"Bermanfaat untuk orang lain"

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis SWOT Business

18 April 2020   16:49 Diperbarui: 18 April 2020   16:41 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Bahasa mudahnya adalah suatu metode perencanaan, strategis untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha untuk mencapai tujuan.
SWOT sendiri memiliki masing-masing makna per- huruf nya yaitu
S= Strength (Kekuatan)
W= Weaknesses (Kelemahan)
O= Opportunities (Peluang)
T= Threats (Ancaman) dan ini berlaku untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

SWOT sendiri merupakan Analisis metode yang sangat penting untuk diketahui oleh para pebisnis baik bisnis dalam skala kecil maupun besar sebagaimana ilmu-ilmu bisnis yang sebelumnya SWOT ini juga tidak kalah penting untuk dikuasai ilmunya jika anda pelaku bisnis karena di situ kita dalam berbisnis harus mengetahui betul apa kekuatan bisnis anda, di mana kelemahan nya, bagaimana melihat peluang dan bagaimana melihat ancaman dari para saingan kita di situ semua anda bisa mengetahui sehingga bisa selalu siap siaga dan memutar otak agar selalu bisnis yang anda jalani unggul, mungkin anda masih bingung dan bertanya-tanya bagaimana sih maksudnya SWOT ini? Bagaimana contoh mudah nya dsbg?

Baik saya akan mencoba memberikan contoh pemahaman yang mudah agar anda bisa lebih faham tentang bagaimana SWOT ini ambilah KFC sebagai contoh pada pembahasan ini atau sejenisnya nah pada bisnis KFC ini tentu pengelola, penanggung jawab KFC itu sendiri sudah tau apa kekuatannya, kelemahan nya dstr yang telah di sebutkan di atas.
*Strength*(Kekuatan) *KFC*:
-Letaknya strategis
-Biasanya selalu terletak di pusat keramaian seperti mall, stasiun, bandara atau alun-alun kota
-Brand nya sudah di kenal secara nasional bahkan internasional
-Pelayan sangat baik dan tempat di desain senyaman mungkin
-Produk berkualitas tinggi
-Memiliki hubungan yang baik dengan supplier
*Weaknesses* (Kelemahan) *KFC*:
-Harga yang mahal sehingga tidak semua orang dapat membeli
-Efek bagi kesehatan dari mengkonsumsi produk KFC terus menerus
-Pertumbuhan masa depan semakin bergantung pada segmen internasional
*Opportunities* (Peluang) *KFC*:
-Memanfaatkan merek KFC lebih banyak lagi selain di gerai
-Perluasan segmen operasional
-Inovasi produk dan platform pertumbuhan baru dstr..
*Threats* (Ancaman) *KFC*:
-Studi Kesehatan tentang bahaya makan makanan siap saji terus menerus
-Pedagang kecil yang menjual dengan harga yang jauh lebih terjangkau
Dan sejumlah pesaing lainnya

Dari analisis dan contoh di atas apakah bisa di fahami? Semoga contoh di atas bisa membuat anda faham karena mengajak anda untuk berfikir dengan contoh yang pastinya anda juga mengetahui bagaimana brand KFC tersebut yang sudah di kenal dari dulu mulai anak-anak bahkan orang tua saya yakin banyak yang mengetahui brand tersebut.
Semoga bermanfaat sekian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun