Mohon tunggu...
alih sugiarto
alih sugiarto Mohon Tunggu... Mahasiswa - jalan setapak

Buku Jendala Dunia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Edukasi pada Masa PPKM Darurat

10 Juli 2021   01:50 Diperbarui: 10 Juli 2021   02:18 79 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edukasi pada Masa PPKM Darurat
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kasus Covid kembali naik di Indonesia pada awal bulan juli 2021, banyak penyebab kenapa angkat penyebaran virus bisa lebih tinggi kembali, kurangnya penerapan protokol kesehatan terhadap masyarakat  menjadi salah satu penyebabnya, di sisi lain kurangnya pengawasan dari lembaga pemerintah serta dengan di bukanya bandara untuk penerbangan luar negeri menjadikan varian virus baru  ini masuk ke dalam tanah air.  Sebelumnya negara India telah mengalami gelombang covid yang ke  dua hingga banyak rakyat yang meninggal. Seharusnya Indonesia bisa lebih tanggap dalam melihat kasus di negara tetangga.

Dengan banyaknya zona merah di pulau Jawa  Presiden Joko Widodo mengintrusikan untuk melakukan kembali PPKM darurat untuk  dua pulau yaitu Jawa dan Bali. PPKM darurat ini di mulai dari tanggal 03 juli sampai 20 juli 2021 selama dua pekan untuk menahan laju penyebaran Virus corona. Tercatat ada 10 varian baru yang masuk ke dalam negara Indonesia. PPKM darurat menjadi pro dan kontra dalam kehidupan masyarakat. Kenapa demikian karena dengan di berlakukanya PPKM kembali aktifitas perekonomian menurun, terutama kepada masyarakat menegah kebawah.

Banyak juga pedagang yang yang melanggar hingga buka larut malam dan ada juga barang daganganya yang di sita oleh satpol PP setempat untuk di tertibkan. Tidak hanya itu ada juga penyemprotan cairan diinfeksida langsung ke arah tempat dagangan yang melanggar peraturan PPKM darurat. Dilihat dari tindakanya PPKM darurat ini hanya menindak rakyat menegah kebawah saja. Seharusnya petugas dapat mengatur emosional dan memberikan edukasi serta arahan serta semangat untuk masyarakat agat tetap menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan sesuai dengan pengamalan Pancasila sila kedua  dan ke lima yaitu " Kemanusiaan yang adil dan beradap"dan " Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia".

 Sebelumnya pemerintah harus dapat menyiapkan pasokan kebutuhan atau bantuan sosial untuk masyarakat selamat PPKM darurat dilaksanakan. Agar tidak ada lagi alasan tetap berbuka karena harus memenuhi kebutuhan keluarga. disisi lain memang wabah ini menurunkan semua sektor tidak ya perekonomian tetapi pendidikan pun terkena imbasnya. Semoga PPKM darurat menjadi PPKM terakhir untuk Indonesia.  

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN