Mohon tunggu...
Muhammad Alif Nurkhoiri
Muhammad Alif Nurkhoiri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Semarang

Saya merupakan Mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Semarang angkatan 2019. Saya memiliki hobi untuk membaca apapun yang saya temui dan saya rasa cocok bagi saya. Menulis menjadi sesuatu untuk terkadang mengisi waktu saya ketika sedang bosan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Efektifkan Pelayanan! Mahasiswa KKN Tim II Undip Susun SOP Pelayanan Online

12 Agustus 2022   03:15 Diperbarui: 12 Agustus 2022   03:21 56 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang, Muhammad Alif Nurkhoiri yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melaksanakan program kerja berbasis keilmuan berupa "Penyusunan SOP dan Sosialisasi Kepada Masyarakat Terkait Pelayanan Online".Program ini dilaksanakan di Kelurahan Sindurjan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dengan target sosialisasi merupakan perwakilan dari setiap RW di Kelurahan Sindurjan. Kelurahan Sindurjan sendiri merupakan lokasi KKN dari mahasiswa yang bersangkutan.

Penyusunan SOP ini dilatar belakangi oleh adanya pelayanan berbasis daring (online) di Kelurahan Sindurjan yang sudah mulai berjalan akan tetapi belum ada SOP yang langsung mengarah kepada bagaimana sebenarnya pelayanan online tersebut seharusnya dilaksanakan. Sehingga dengan inisiatif untuk melaksanakan penyusunan ulang SOP untuk Pelayanan Online bersama dengan Seksi Pemerintahan Kelurahan Sindurjan, sehingga bisa didapatkan SOP yang lebih sempurna dan dapat dengan mudah dipahami proseduralnya oleh masyarakat. Di mana tujuan dari pelaksanaannya adalah untuk memberikan efektifitas dan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Melihat berdasarkan dari survey yang telah dilaksanakan di Kelurahan Sindurjan oleh mahasiswa tersebut bahwa di Kelurahan Sindurjan masyarakatnya sangat membutuhkan pelayanan online ini dikarenakan faktor pekerjaan yang menjadikannya sedikit sulit untuk harus datang langsung ke Kantor Kelurahan, dan adanya pelayanan online tanpa adanya SOP yang mudah dipahami tersebut dan kurang tersebar luasnya informasi tentang adanya pelayanan online yang sudah hadir di Kelurahan Sindurjan menjadikan masyarakat belum sepenuhnya mulai menggunakan bentuk pelayanan tersebut.

Program ini dimula idengan penyusunan ulang SOP yang sudah berjalan sejak 18 Juli 2022 yang SOP tersebut kemudian mendapatkan pengesahan oleh Lurah Sindurjan dan mulai dijalankan pada tanggal 28 Juli 2022. Akan tetapi pelaksanaan sosialisasi tentang pelayanan online tersebut kepada warga secara langsung baru terlaksana pada Hari Minggu tanggal 7 Agustus 2022 melalui perwakilan dari setiap RW di Kelurahan Sindurjan, di mana pada sosialisasi ini juga dibagikan poster beserta lembaran fotocopy SOP yang bisa menjadikan petunjuk prosedural apabila dibutuhkan oleh masyarakat yang mungkin masih kurang dapat memahami tentang bentuk dari pelayanan online tersebut.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Harapan untuk kedepannya adalah SOP ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan dapat mempermudah masyarakat yang membutuhkan pelayanan berbasis daring (online) di Kelurahan Sindurjan.

Penulis: Muhammad Alif Nurkhoiri (FISIP UNDIP 14020119140131)
DPL: Arifa Rachma Febriyani, S.I.Kom., M.I.Kom.
Lokasi KKN: Kelurahan Sindurjan, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan