Mohon tunggu...
Alif Fatchur
Alif Fatchur Mohon Tunggu... Panupo Jiwo

Mencari jalan ketenangan dalam perjalanan kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

5 Langkah Penyelesaian Masalah

29 Oktober 2019   03:39 Diperbarui: 29 Oktober 2019   04:17 0 2 0 Mohon Tunggu...
5 Langkah Penyelesaian Masalah
okeinfo.net

Dalam suatu masalah, kita tidak luput dengan sumber masalah yah kan. Apalagi kalau ada teman-teman dekat kita yang memiliki masalah, atau terbebani masalah yang baginya adalah hal yang sulit. Namun, yang paling kita tanggapi secepatnya mungkin masalah yang terjadi di keluarga. karena masalah sekecil apapun di keluarga bisa berakibat fatal kedepannya.

Sebelum pembahasan dimulai, kita pasti sudah mengenal apa masalah itu?, bagaimana rasanya terbebani masalah?, apa yang harus dilakukan untuk meleraikan sebuah masalah? tapi dalam hal ini banyak sekali jalan untuk memperbaikinya. Kadang tambah baik, kadang pula memperburuk keadaan. Jadi tidak sembarangan langkah atau cara yang sama dalam mengubah keadaan, dalam mewujudkan harapan kebenaran dalam sebuah masalah.

 Dalam pembahasan kali ini merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam sikap sehari-hari tentang bagaimana menyikapi masalah dengan baik. Namun kadang pula langkah-langkah sikap yang akan saya jelaskan bisa saja berubah dalam keadaan yang berbeda. Ingat setiap masalah memiliki langkah-langkahnya sendiri dalam penyelesaiannya, memperbaikinya, dan merubahnya.

Langkah 1: Identifikasi Masalah

Sebelum penyelesaian masalah atau langkah untuk memperbaikinya, sudah sepantasnya kita mengenal, mengetahui, mempelajari, serta mengidentifikasi masalah tersebut. Karena dalam langkah pertama ini adalah cikal bakal penyelesaian yang baik akan tercapai. Langkah ini merupakan cara agar mengetahui sumber-sumber penyebab masalah. Salah satu pendekatan untuk menghadapi masalah baru yang akan muncul, bila mana adalah masalah yang tak terduga.

Langkah 2: Mendiagnosa Masalah

Langkah selanjutnya adalah langkah pengolahan masalah, atau mendiagnosa masalah. Dalam langkah ini ada hal yang harus dilakukan yakni menemukan cara yang paling baik untuk m tejadi.enghadapi maslah tersebut. Faktor apapun dapat mempengaruhi masalah ini, maka jangan lupa untuk memiliki rencana cadangan yang banyak. Karena dalam hal ini banyak sekali teman-teman atau orang-orang yang memiliki tujuan yangt baik, lalu sebab mendapatkan masalah yang besar dan rencana tidak sesuai keinginannya mereka frustasi. Hal yang palis sering terjadi adalah kegilaan. Maka dari itu membuat rencana cadangan bukanlah hal yang salah, bukan pula berlebihan, dan bukan pula takut gagal. Melainkan salah satu langkah pencegahan bila terjadi kemunculan masalah yang baru.

Langkah 3: Menjalankan Ide

Sudah saatnya dalan tahap ini kita melaksanakan seluruh ide yang telah kita dapat dari langkah sebelumnya. Menyiapkan alat-alat persiapan, menyediakan kebutuhan yang dapat membantu penyelesaian masalah, juga mempersiapkan diri agar tidak ikut terlena. Langkah ini merupakan salah satu cara memperbaiki masalah bila sukses, bila tidak sukses maka siap-siap menjalankan rencana cadangan meski hasilnya nanti akan tidak sesuai harapan yang diinginkan.

Langkah 4: Solusi

Karena sudah adanya solusi, maka langkah ini adalah langkah perbaikan masalah. Pendapat dari kita, argumen yang telah kita buat, rencana yang telah dijalankan, serta harapan yang selalu mengharap kepastian. Bukanlah hal yang mudah dalam penyampaian solusi, juga bukanlah hal yang mudah dalam penerapannya. Kadang penderita masalah tidak menginginkan solusi yang berupa nasihat, ceramah, atau kata yang paling nge trend dalam masa ini adalah BCD, artinya banyak omong kosong isinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x