Mohon tunggu...
Alifian Suryo
Alifian Suryo Mohon Tunggu... mahasiswa semester akhir

hanya ingin berbagi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Jarang Pulang! Mahasiswa UNDIP Ciptakan Alat Hand sanitizer Otomatis

15 Februari 2021   11:30 Diperbarui: 15 Februari 2021   11:31 35 1 0 Mohon Tunggu...

Semarang 14 Februari 2021 – Kasus virus Covid-19 semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Walau protokol kesehatan yang diterapkan sudah baik namun masyarakat terkadang masih melupakan hal tersebut. Telah dilakukan berbagai upaya untuk mencegah dan meminimalisir penyebarannya. Gerakan 3M adalah upaya yang telah dibuat pemerintah, yaitu dengan menjaga jarak, memakai masker ,dan mencuci tangan. Salah satu upaya adalah selalu membersihkan tangan dengan cara mencuci tangan dengan benar sesuai anjuran pemerintah atau menggunakan cairan handsanitizer. Banyak di tempat umum sudah menyediakan botol handsanitizer yang digunakan secara manual atau tetap bersetuhan dengan alat tersebut. Dari situlah tercetus ide untuk membuat alat handsanitizer otomatis. Alat tersebut diciptakan sehingga sentuhan dengan benda yang pernah tersentuh sebelumnya dapat dikurangi (touchless).

Untuk penempatan alat handsanitizer kali ini, ditempatkan di masjid At-Taqwa RT 03  RW 05 Kelurahan Bulusan. Ditempatkan di masjid agar jemaat masjid At-Taqwa dapat dipermudah dalam menjaga kebersihan dan juga meminimalisir sentuhan dari botol handsanitizer secara manual. Untuk mencegah penularan virus Covid-19 dengan cara sentuhan.

dokpri
dokpri
Diharapkan alat handsanitizer otomatis ini dapat membantu upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. “melihat teman teman yang cukup totalitas untuk membuat alat handsanitizer otomatis saat pandemi ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan karena tidak perlu dipegang atau disentuh sehingga dapat membantu mencegah penyebaran virud Covid-19”  Pak Kholid selaku pengurus masjid At-Taqwa.

Penulis : Alifian Suryo Radityo (Sekolah Vokasi / Teknologi Rekayasa Otomasi / 40040317640027)

Dosen Pembimbing Lapangan : Rosyida, S.P., M.Sc.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x