Mohon tunggu...
Alifia Hamzah
Alifia Hamzah Mohon Tunggu... Filmmaker

Mahasiswa Film dan Televisi di kampus UPI Bumi Siliwangi.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

The Seven Summits of Indonesia

22 Maret 2021   14:43 Diperbarui: 22 Maret 2021   20:19 189 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
The Seven Summits of Indonesia
Wikipedia, Gunung Rinjani

Istilah Seven Sumits sendiri sebenarnya dimulai dari pemberian sebutan untuk tujuh puncak tertinggi, di setiap benua di dunia. Akan tetapi, lama-kelamaan semua tempat akhirnya mempunyai dan menamakan "Seven Summits" nya masing-masing.

Seven Summits of Indonesia sendiri adalah julukan kepada tujuh puncak tertinggi di 7 kepulauan besar Indonesia, antara lain yaitu Sumatra, Jawa, Kalimanta, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara (Termasuk Bali), Kepulauan Maluku, dan Papua.

Berikut adalah daftar ketujuh puncak tertinggi yang ada di Indonesia, atau lebih dikenal dengan sebutan The Seven Summits of Indonesia.

01. Gunung Kerinci — Puncak tertinggi di Pulau Sumatra

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di pulau Sumatra. Dengan puncaknya, Indrapura, 3.805 mdpl

Gunung yang berada di antara Jajaran Bukit barisan yang membentang antara perbatasan provinsi Sumatra Barat dan Jambi ini, adalah gunung berapi tertinggi di kawasan Asia Tenggara

Gunung Kerinci termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, wilayah Taman Nasional yang menjadi habitat asli harimau dan badak sumatra.

 

Wikipedia, Gunung Semeru
Wikipedia, Gunung Semeru

02. Gunung Semua — Puncak tertinggi di Pulau Jawa 

Gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl), merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi ketiga tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Rinjani

Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Danau Ranu Kumbolo-nya terkenal sebagai surga di bawah kaki bukit Mahameru.

Wikidata, Gunung Bukit Raya
Wikidata, Gunung Bukit Raya

03. Gunung Bukit Raya — Puncak tertinggi di pulau Kalimantan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x