Mohon tunggu...
Alifiah Faiz
Alifiah Faiz Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Benar Konflik Dapat Merusak Suatu Hubungan?

17 Oktober 2021   15:58 Diperbarui: 17 Oktober 2021   16:03 157 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia adalah makhluk sosial yang mana di tiap rantai atau fase kehidupannya pasti membutuhkan satu sama lain. 

Dengan berbagai perbedaan yang dimiliki manusia mulai dari pola pikir, pemahaman, nilai serta budaya yang selama ini dianut menurut kalian apakah dengan ketergantungan manusia satu dengan manusia lain akan selalu berada dijalan yang sama tanpa menimbulkan kontra? Jawabannya adalah tidak. 

Walaupun individu satu dengan yang lain mempunyai tujuan, visi dam misi yang sama, pasti dalam perjalanan nya atau proses menuju tujuan tersebut kedua individu itu pasti mengalami berbagai konflik. Nah untuk mengetahui lebih lanjut terkait konflik yang sering terjadi mari simak penjelasan berikut.

Apa itu konflik?

Konflik adalah keadaan dimana seorang individu atau kelompok merasa dirugikan oleh pihak yang lain. 

Dalam suatu hubungan baik hubungan asrama, pertemanan, keluarga ataupun hubungan kerja pasti pernah atau bahkan sering terjadi konflik. 

Ada berbagai pandangan mengenai konflik. Ada yang beragapan bahwa konflik adalah suatu yang berbahaya dan tidak bisa dihindarkan, ada pula yang berpandangan bahwa konflik adalah suatu yang wajar dan siapapun tidak akan bisa menghindari konflik yang terjadi dan pandangan yang terakhir mengenai konflik adalah menganggap bahwa sebenarnya konflik dapat diubah menjadi suatu hal yang positif. Jadi sebenarnya konflik itu bisa dihindari atau gak sih? 

Dari berbagai pandangan yang ada menurut saya konflik adalah suatu hal yang tidak bisa diduga terjadinya dan tidak bisa dihindarkan tetapi masih bisa dicegah melakukan penanaman pola pikir positif dan tidak egois dalam pengambilan keputusan atau ketika dilakukannya diskusi dan menanam kan sikap rendah hati ketika pendapat kita tidak diambil oleh kelompok kita. Ketika suatu organisasi tidak pernah mengalami konflik sudah sepatutnya kita heran karena tidak semua konflik membawa hal yang negatif.

Konflik biasanya terjadi karena perbedaan tujuan, kurangnya Sumber Daya Manusia dalam organisasi atau kelompok tersebut, bedanya pemahaman mulai dari pola pikir, nilai maupun budaya serta adanya salah satu individu yang ingin lebih terlihat menonjol atau mendominasi dalam organisasi atau kelompok tersebut. Konflik pun memiliki beberapa skala diantaranya sebagai berikut :

1. Konflik kecil

Biasanya konflik kecil bisa diatasi oleh orang dalam organisasi atau kelompok tersebut tanpa melibatkan orang luar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan