Mohon tunggu...
Aliffian Dafa
Aliffian Dafa Mohon Tunggu... Mahasiswa Hukum

Hai, hallo ^o^ Panjang umur nasib baik! Semoga lulus tahun ini bukan hanya omong kosong

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Dalgona Gula Semut? Intip Manfaat Gula (Aren) Semut bagi Kesehatan!

6 April 2020   01:08 Diperbarui: 6 April 2020   02:04 87 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dalgona Gula Semut? Intip Manfaat Gula (Aren) Semut bagi Kesehatan!
Image Source: https://www.yummytummyaarthi.com/dalgona-coffee/ 

Siapa yang belum tau sama minuman yang sedang trend ini? Raisa?

Trend minuman ala ala anak Tik Tok ini mulai menjadi perhatian banyak kalangan loh gan

Eits, jangan cringe dulu ketika melihat kata-kata Tik Tok ini, 

Awalnya minuman ini dipopulerkan oleh aktor asal Korea Selatan yaitu Jung Il-Woo. 

Image Source: https://channel-korea.com/wp-content/uploads/2019/01/Jung-Il-woo-hancinemanet.jpg 
Image Source: https://channel-korea.com/wp-content/uploads/2019/01/Jung-Il-woo-hancinemanet.jpg 

Jung Il-Woo yang kemudian mempopulerkan Whipped Coffee ini setelah ia berkunjung ke salah satu restoran di Macau dan mencobanya. Dan dia pula yang menamai Whipped Coffee ini menjadi Dalgona Coffee. Loh kok Dalgona? Kata Dalgona diambil dari jajanan permen asal Korea Selatan atau juga dikenal dengan nama ppopgi. Permen ini memiliki rasa manis serta tekstur lembut seperti spons. Nah karena Whipped Coffee yang ia minum mirip seperti busa atau spons yang tebal, makanya Jung Il-Woo menamainya dengan nama Dalgona Coffee. 

Dalgona Coffeeminuman kocok dengan resep sederhana ini dapat kita buat dirumah hanya dengan bahan bahan seperti kopi instan tanpa ampas, gula (aren) semut, dan air panas yang diaduk secara cepat (whipped) baik menggunakan mesin pengaduk ataupun secara manual, lalu disajikan di atas susu UHT Full Cream dan jangan lupa tambahkan es sebelum kalian menuangkan Whipped Coffee tersebut keatas susu ya.

Sudah banyak juga bermunculan cara membuat Dalgona Coffee ini baik di YouTube maupun Blog. Dan diantara banyak resep yang ada sebagian dari para Food V/Bloger yang mengganti gula pasir putih (White Sugar) dengan gula (aren) semut. Hal tersebut dilakukan karena karakter gula semut yang manis serta memiliki rasa khas dari nira kelapa, lebih alami, serta tidak lagi ada kekhawatiran akan resiko diabetes dalam mengkonsumsi gula jenis ini. Kalian bisa membeli gula semut secara online diberbagai macam platform jual-beli online, dan berikut adalah contoh gambar salah satu brand yang terkenal di kota yaitu gula (aren) semut cap Semoet Ganteng.

Image Source: https://www.facebook.com/pages/category/Product-Service/Semut-Ganteng-Organic-Arenga-Sugar-398026347202943/ 
Image Source: https://www.facebook.com/pages/category/Product-Service/Semut-Ganteng-Organic-Arenga-Sugar-398026347202943/ 

Jika dibandingkan dengan gula pasir biasa, jelas gula semut lebih sehat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN