Mohon tunggu...
Alif Fauzan
Alif Fauzan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

alip biasa aja

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Peran Pemuda dalam Memperingati HUT RI yang Ke-77 Tahun

17 Agustus 2022   12:19 Diperbarui: 17 Agustus 2022   12:21 374 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

17 Agustus 1945 adalah momen di mana keringat dan darah rakyat Indonesia terbayar dengan berdirinya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak terasa sudah puluhan tahun silam sejak presiden pertama kita, Ir. Soekarno, memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Tepat hari ini, Indonesia telah bertumpu pada kaki sendiri selama 77 tahun.

Dihari yang penuh makna ini, kembali mengingatkan kita betapa kerasnya masa penjajahan saat itu. Menyadarkan kita untuk tetap mempertahankan kedaulatan Negara yang sudah dititipkan oleh para pejuang. Sebagai generasi muda penerus bangsa, bergerak dan memaknai kemerdekaan telah menjadi sebuah keharusan. 

Pada kali ini para pemuda Karang Taruna Remaja Perin 02 mengadakan kegiatan perlombaan untuk memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 dengan tema acara yaitu Gerakan Mempersatukan Rakyat.

Kegiatan seperti ini memang sudah menjadi agenda rutin setiap tahun nya yang diadakan oleh karangtaruna Remaja Perin 02. Akan tetapi pada tahun kemarin kegiatan perlombaan ini tidak semeriah sekarang, karena situasi pandemi covid-19 pada saat itu masih tinggi dan pemerintah juga menerapkan Perpanjangan Perberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah, hal ini menjadi tidak mudah untuk mengadakan kegiatan secara langsung apalagi melibatkan orang yang menyebabkan kerumunan.

Bahkan sampai sekarangpun Indonesia masih berada di situasi pandemi, akan tetapi pemuda-pemudi Karang Taruna Remaja Perin 02 menyemarakan hari kemerdekaan Indonesia, dengan mengadakan beberapa perlombaan, diantaranya ada lomba mewarnai, joget balon, kelereng, masukan bendera kebotol, makan krupuk, balap karung, sepeda hias, paku kedalam botol,

(Dokpri)
(Dokpri)

Jarum kebenang, duit dalam tepung,jalan santai dan masih banyak lagi lomba-lomba lainnya. Untuk kriteria usia yang boleh mengikuti lomba seperti masukan bendera kedalam botol, makan krupuk dan perlombaan lainnya usianya mulai dari 4 tahun -- 16 tahun. Perlombaan tersebut diadakan di sebuah lahan yang sudah kosong yang memang sudah disediakan oleh panitia. Kegiatan ini diadakan selama dua hari mulai dari tanggal 16-17 agustus.

 

(Dokpri)
(Dokpri)

 

Tujuan utama kegiatan ini bertujuan agar para pemuda serta masyarakat tidak akan pernah lupa bahwa Agustus adalah bulannya kemerdekaan. Karang Taruna Remaja 02 diharapkan bisa menciptakan generasi yang aktif dan memiliki inovasi dan juga bisa menjadi contoh aktif untuk wilayah-wilayah yang ada di Kampung Utan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan