Mohon tunggu...
Alif Akhtar Hasan
Alif Akhtar Hasan Mohon Tunggu... Alif Akhtar Hasan-Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalinaga-20107030150
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Alif Akhtar Hasan-Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga-20107030150

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Masjid Pertama dan Kedua yang Dibangun Nabi Muhammad SAW

25 Juni 2021   20:07 Diperbarui: 26 Juni 2021   01:26 25 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masjid Pertama dan Kedua yang Dibangun Nabi Muhammad SAW
detik.com

Masjid adalah tempat bagi muslim untuk mengerjakan shalat 5 waktu dan shalat sunah lainnya, masjid jiga bisa dipakai sebagai tempat keagaamaan lainnya seperti berdakwah.

Kita patut bersyukur sebagai warga muslim Indonesia karena Indonesia adalah negara dengan jumlah mesjid terbanyak di dunia.

Walaupun Indonesia bukan negara islam, tapi tercatat ada 800.000 mesjid yang berdiri kokoh di Indonesia. Hal itu menandakan bahwa Indonesia adalah negara islami.

Bandingkan dengan negara Arab Saudi yang hanya punya 15.000 masjid.

Lalu masjid manakah yang pertama kali dibangun. Nah berikut ada 2 masjid paling awal dibangun oleh nabi Muhammad Saw, yakni masjid Quba dan Nabawi.

1. MASJID QUBA

Saat nabi Muhammad Saw. dan para sahabat hijrah ke Madinah, orang-orang Anshar (suku Auz dan Khazraj) menanti dengan antusias kedatangan beliau. Tatkala beliau tiba, mereka keluar rumah dan menyambutnya dengan penuh suka cita.

Sebelum tiba di Madinah, Nabi Muhammad saw. berhenti di Quba selama lima hari. Di Quba inilah, beliau mendirikan masjid, yang kemudian dikenal dengan sebutan Masjid Quba.

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun setelah kenabian. Masjid ini dibangun pada 8 Rabiul Awwal atau 23 September 622 M. Keberadaan Masjid Quba sebagai masjid pertama yang didirikan umat islam menempatkannya pada posisi istimewa.

Masjid Quba merupakan manifestasi dan lambang dari keberanian kaum perintis dalam mengemukakan jati dirinya. Lebih dari itu, Masjid Quba adalah bentuk rumah ibadah pertama umat islam yang menjadi model di masa masa selanjutnya.

Posisi masjid Quba bertambah istimewa karena karena ia adalah salah satu dari hanya tiga masjid yang dicantumkan dalam al-Qur'an. Dua lainnya adalah Masjidil Haram di Makkah dan Masjidil Aqsha di Yerusalem. (Aizid, 2018: 557

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN