Mohon tunggu...
Alif Akhtar Hasan
Alif Akhtar Hasan Mohon Tunggu... Alif Akhtar Hasan-Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalinaga-20107030150

Alif Akhtar Hasan-Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga-20107030150

Selanjutnya

Tutup

Love

Parenting: Mendidik Anak Bukan Mendadak

8 April 2021   18:03 Diperbarui: 8 April 2021   21:46 69 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Parenting: Mendidik Anak Bukan Mendadak
anak anak

Hai Parents! Anak merupakan sebuah anugerah yang telah dititipkan Tuhan untuk kita, yang harus dijaga, dirawat dan dididik. Tidak lupa, keluargalah tempat pertama  bagi pembentukan pendidikan anak dan orang tua  menjadi sekolah pertama bagi anak untuk mengenalkan norma-norma dalam kehidupan. 

Nah apa itu Ilmu Parenting? Ilmu Parenting yaitu ilmu yang mempelajari tentang cara mendidik, mengasuh dan membimbing anak dengan baik dan tepat. 

Jika sedari awal orang tua mengerti bagaimana cara mendidik, mengasuh dan membimbing anak secara tepat maka anak akan tumbuh dengan baik dan mindset anak akan tertata, sehingga perilaku akan terjaga. Lalu, apa saja prinsip ilmu parenting? Berikut 10 dasar Ilmu Parenting, Yuk mari simak baik-baik!!!

1. Mencontohkan ajaran yang baik

Orang tua perlu mengajarkan anak dalam hal yang baik dalam menerapkan prinsip ini, pertama orang tua jangan melakukan hal yang tidak ingin dilakukan anak, kedua aturan bagi anak berlaku untuk orang tua. Misalnya, orang tua melarang anak untuk bermain hp saat makan, orang tua juga harus melakukan hal yang sama.

2. Tidak membentak dan memukul

Pada masa usia dini atau balita merupakan masa emas untuk tumbuh kembang anak, maka dari itu sebagai orang tua harus bisa kontrol diri dalam segala aspek. Anak yang sering dibentak dan dipukul maka akan tumbuh sebagai anak yang agresif dan kemudian suka bersikap kasar terhadap orang lain. Misalnya, ketika anak melakukan suatu kesalahan maka hal yang dilakukan oleh orang tua yaitu memberi nasihat dengan cara yang baik tetapi tegas agar anak mengerti dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

3. Melatih kemandirian

Ajarkan anak untuk belajar mandiri sejak usia dini, karena akan membentuk pribadi yang dapat menyelesaikan masalah dan tidak bergantung kepada orang lain. Misalnya, belajar mencuci piring setelah makan

4. Disiplin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN