Mohon tunggu...
Alief WahyuPratama
Alief WahyuPratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN UPN "Veteran" Jawa Timur Manfaatkan Hidroponik sebagai Solusi Urban Farming pada Masa Pandemi

3 Agustus 2021   19:16 Diperbarui: 3 Agustus 2021   19:26 61 0 0 Mohon Tunggu...

Ditengah pandemi virus covid-19 yang sedang melanda, masyarakat dituntut untuk melakukan semua kegiatannya dari rumah saja dan membatasi pergi ke tempat-tempat umum. Namun, ada beberapa kegiatan masyarakat yang memang mengharuskan untuk dilakukan di luar rumah. Salah satunya adalah membeli bahan makanan seperti sayur mayur. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tematik Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur yang tergabung kedalam kelompok 64 memberi solusi agar masyarakat dapat menghasilkan sayur mayur secara mandiri dirumah.

Solusi yang diberikan oleh mahasiswa Kelompok 64 KKN Tematik Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur yang sedang melakukan pengabdian di Kelurahan Tanggung, Kecamatan Keoanjen Kidul, Kota Blitar adalah dengan cara bercocok tanam dengan metode hidroponik.

Proses dalam membuat hidroponik ini dapat dikatakan lebih sederhana karena masih dalam skala kecil yaitu skala rumahan. Sebelum dipindah kedalam media tanam hidroponik, dilakukan proses penyemaian bibit selama 15 hari. Setelah bibit yang disemai terlihat tumbuh, maka bibit siap dipindahkan kedalam media tanam hidroponik.

Menurut Ibu Ida selaku Ketua Kelompok Wanita Tani Sumber Rezeki RW 07 Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar menyampaikan bahwa sebelumnya anggota dari KWT Sumber Rezeki sudah pernah melakukan proses penyemaian bibit tanaman, anmun belum berhasil karena kurangnya informasi.

“Sebelumnya sudah pernah dilakukan penyemaian bibit oleh ibu-ibu, tetapi gagal karena ibu-iu hanya belajar dari artikel di internet, dengan adanya mahasiswa ini saya rasa sangat membantu menambah wawasan ibu-ibu dalam proses budidaya sayuran.” Ujar Ibu Ida.

Melalui program budidaya sayuran melalui media tanam hidroponik ini, diharapkan masyarakat Kelurahan Tanggung dapat meningkatkan ketahanan pangan dan juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi waktu senggang ketika harus berada dirumah saja selama masa pandemi.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x