Mohon tunggu...
Alicia Yolanda Bawuna
Alicia Yolanda Bawuna Mohon Tunggu... Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Full of love and peace

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Progress Analisis Komunitas Genesis Roleplay Indonesia

18 Maret 2021   15:49 Diperbarui: 18 Maret 2021   15:56 20 1 0 Mohon Tunggu...

Minggu lalu, saya membuat artikel tentang komunitas Genesis Roleplay Indonesia yang saya analisis bersama kelompok. Dan hari ini saya juga akan membahas lebih lanjut terkait progress analisis kelompok. Tidak terasa sudah dua minggu tugas analisis sosial berjalan dengan baik tanpa adanya kendala apapun. Setelah kemarin salah satu anggota kelompok melakukan wawancara langsung di salah satu hotel kota Yogyakarta, ternyata jalinan relasi yang dibangun bisa lebih intens

Dan kemudian kami sekelompok juga melakukan pendekatan dengan cara follow akun instagram komunitas Genesis Roleplay Indonesia. Dalam akun instagram @genesisrp.id juga menunjukkan bahwa komunitas ini sangat aktif memposting kegiatan dan event yang mereka adakan. Sehingga orang -- orang yang penasaran dan ingin bergabung dengan komunitas ini bisa lebih jauh melihat dan mengetahui segala informasinya. Tidak terasa waktu terasa begitu cepat dan kami bergerak kembali untuk melakukan analisis lebih dalam terhadap komunitas Genesis Roleplay Indonesia

Kami mencoba untuk melakukan pendekatan lebih lanjut untuk memperdalam analisis komunitas Genesis Roleplay Indonesia. Kemarin Minggu, 14 Maret 2021 founder komunitas Genesis Roleplay Indonesia yaitu mas Devara mengajak kelompok saya untuk menonton live streaming dalam kanal youtubenya agar bisa melihat mereka bermain bersama dan ternyata di dalam live tersebut ada event pernikahan game. Dalam live streaming tersebut komunitas mempersilahkan kelompok untuk bertanya, dan akhirnya teman saya Sany dan Riescha bertanya mengenai game tersebut pada kolom chat live streaming.

Setelah itu, salah satu anggota kelompok saya yaitu Sany mengajak saya dan Riescha kolektif membayar Rp. 150.000 dan dibagi kami bertiga untuk bergabung dalam komunitas Genesis Roleplay Indonesia dan membeli game GTA Roleplay itu. Menurut saya dan kelompok, biaya untuk membeli game GTA Roleplay agar bisa bergabung ke komunitas ini relatif mahal untuk kantong pelajar. 

Maka dari itulah alasan kami berunding dan memutuskan untuk kolektif saja. Lalu, untuk progress di minggu ke empat kami merencanakan install game GTA Roleplay dan mulai berdinamika dengan komunitas Genesis Roleplay Indonesia. Namun sayangnya hanya salah satu anggota kelompok yang bisa bergabung untuk bermain game GTA Roleplay  dikarenakan biaya yang relatif mahal dan mungkin game ini lebih bisa dimainkan dan dipahami oleh laki -- laki. Namun itu tidak menjadi masalah, karena saya dan Riescha akan menyiapkan pertanyaan lebih lanjut dan bahan untuk menganalisis serta pokok analisis yang seperti apa nantinya. 

Sedangkan untuk minggu ke lima, salah satu anggota kelompok yaitu Sany sudah merencanakan untuk melakukan dinamika di dalam game dengan komunitas Genesis Roleplay Indonesia selama seminggu  dan juga melakukan dinamika di dalam aplikasi discord yang digunakan komunitas tersebut. Saya dan kelompok juga memiliki rencana untuk mencatat laporan selama dinamika yang salah satu anggota kami lakukan bersama komunitas Genesis Roleplay Indonesia dan yang pasti akan melakukan wawancara lagi dengan foundernya yaitu mas Devara. 

Karena kami harus lebih lanjut mengetahui komunitas Genesis Roleplay Indonesia walaupun hanya satu teman kelompok yang bergabung di dalam komunitas tersebut. Saya dan kelompok harus melakukan wawancara lagi untuk menjawab kebingungan saya dan kelompok melakukan kegiatan analisis ini. Mungkin pendekatan -- pendekatan seperti ini akan membuat saya dan kelompok mudah menjalin relasi dengan komunitas Genesis Roleplay Indonesia. Dengan harapan besar saya dan kelompok bisa berkomunikasi dengan baik bersama komunitas Genesis Roleplay Indonesia.

VIDEO PILIHAN