Perkembangan teknologi yang semakin maju pesat membuat banyak masyarakat dengan mudah mengakses sebuah INTERNET. Berbagai kalangan tidak dapat dipungkiri bahwa mereka pengguna internet sebagai pengantar untuk mengaplikasikan jejaring SOSIAL MEDIA.
Seiring berjalannya waktu masyarakat makin ramah dengan berbagai situs media sosial, diantaranya: Whatsapp, Facebook, Twitter, Blogger, Instagram, Google +, hingga youtupe channel, dan banyak lagi aplikasi lainnya. Namun dalam pemanfaatan media sosial ada dua pemikiran, yaitu: 1). Dapat mendatangkan banyak manfaat atau, 2). Keuntungan yang berlipat.
Disisi lain dapat mendatangkan problematika pengaruh buruk kepada pengguna internet jika tidak bisa menggunakan dengan bijak. Sudah diketahui bahwa media sosial tidak hanya dimanfaatkan oleh para pengguna hanya sebagai alat komunikasi supaya bisa berinteraksi dengan jarak jauh.Â
Namun lebih dari itu, memanfaatkannya sebagai media untuk menyampaikan informasi, memperoleh hiburan, bisnis, berbagi aktivitas, dan mengeluarkan opini cakrawala pemikirannya.
Keunggulan media sosial memiliki beberapa karakter yang, diantaranya: EVOLUSI, RESOLUSI, dan KONTRIBUSI.
- Evolusi: Perubahan / perkembangan masyarakat secara perlahan-lahan bergeser menjadi masyarakat yang lebih komplek
- Revolusi: Perubahan yang cepat berganti secara siklus dan berulang-ulang. Sebagaimana tampak pada perubahan sosial budaya
- Kontribusi: sumbangsih yang akan diberikan dalam berbagai bentuk, baik berupa program, ide, maupun informasi yang bermanfaat.
- Dari ketiganya memiliki masing-masing perananya dan kembali lagi kepada individu bahwa sosial media digunakannya untuk apa dan bagaimana. Adapun funginya sebagai sharing, conservation, relationship, reputation, dan perkumpulan komunitas. Secara umum dapat membentuk komunitas kelompok masyrakat baru.
Oleh karena itu, gunakanlah media sosial dengan bijak supaya kebermanfaatan selalu hadir bagi banyak orang. Berguna bagi banyak kebaikan yang akan tersalur oleh berbagai komunitas untuk mengerakkan banyak hal-hal baik.Â