Mohon tunggu...
Ali
Ali Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa, Penulis, Suka Main Game dan Nonton Film

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tujuan Hidup, Obat Segala Cobaan

21 Januari 2023   12:53 Diperbarui: 21 Januari 2023   12:55 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Those who have a why to live for can bear almost any how.

-Friedrich Nietzsche

Mereka yang memiliki alasan untuk hidup mampu menghadapi segala hal dengan berbagai cara.

Mungkin saat ini atau di masa lalu kamu pernah bertanya pada diri kamu "Sebenarnya, aku ini mau ngapain sih hidup?", "Bingung banget mau ngapain".

Itulah yang disebut saat kekosongan atau Languishing, saat dimana kamu dibilang depresi tidak dan termotivasi juga tidak. Kamu hanya bingung, kosong, hampa dan tidak tau harus berbuat apa.

Keadaan ini yang membuat seseorang harus memiliki tujuan hidup. Tujuan yang menjadikan alasan orang tersebut tetap hidup dan menjalani kehidupan

Tentunya, tujuan saja tidak cukup, kamu juga harus mampu memaknai hidup. Kenapa? tujuan dan makna itu bergerak saling beriringan, dua hal ini adalah satu kesatuan penting.

Ketika kamu memiliki tujuan hidup dan tidak mampu memaknai hidup, kamu tidak akan termotivasi. Tetapi, ketika kamu mampu memaknai kehidupan, tentunya tujuan hidup akan tercapai bersamaan dengan ketenangan batin yang kamu rasakan.

Seperti dalam buku Man Search for Meanings karya  Viktor E. Frankl. Ia bercerita bagaimana kejadian Holocaust tersebut mampu membuat seseorang semakin memaknai hidup dan menemukan tujuan hidup.

Holocaust sendiri secara singkat adalah peristiwa dimana jutaan orang Yahudi dibunuh oleh penguasa saat itu, yaitu Nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun