Mohon tunggu...
Ali Muakhir
Ali Muakhir Mohon Tunggu... Penulis - (Penulis Cerita Anak, Content Writer, dan Influencer)

Selama ini ngeblog di https://www.alimuakhir.com I Berkreasi di IG @alimuakhir I Berkarya di berbagai media dan penerbit I (cp: ali.muakhir@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pesona Desa Wisata Selasari Pangandaran

1 November 2022   08:54 Diperbarui: 1 November 2022   09:04 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Desa Selasari Pangandaran (Sumber Foto IG Desawisata_Selasari)

POTENSI wisata alam di Pangandaran Jawa Barat memang luar biasa. Jika dulu yang dikenal hanya obyek wisata seperti Grand Canyon, Kampung Naga, dan beberapa pantai indahnya, kini bermunculan desa wisata, salah satunya Desa Wisata Selasari.

Desa Selasari terletak di ketinggian 200-500 mdpl, di wilayah Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Memiliki luas wilayah kurang lebih 2.292.500 ha. Kurang lebih 30 menit perjalanan dari Pantai Pangandaran.

Informasi yang saya dapat dari data pembangunan desa, Desa Selasari telah ada sejak jaman penjajahan Jepang. Awalnya masuk wilayah di Kabupaten Ciamis. Sejak adanya pemekaran pada tahun 2012, Desa Selasari kini masuk wilayah Kabupaten Pangandaran.

Sumber Daya Alam Desa Selasari sangat melimpah. Mulai dari batu alam, bambu, kayu, lahan kosong yang masih luas, tanah hibah masyarakat, tanaman palawija, padi, sungai, dan yang lainnya yang bisa digali untuk mendukung program pembangunan desa.

Selain itu sumber daya manusia juga sangat mendukung. Terlebih ketika Desa Selasari dijadikan Desa Wisata, masyarat dari berbagai kalangan membuka diri untuk bersama-sama memajukannya. Masyarakat yakin, jika desanya dijadikan desa wisata, perekonomian warga pun akan makin meningkat.

Buah kegigihan masyarakat kini makin terasa, mereka  berhasil memanfaatkan sejumlah potensi alam yang ada di Desa Wisata Selasari menjadi destinasi wisata yang mampu menarik banyak wisatawan berkunjung ke sana. Bahkan pada tahun 2021 lalu masuk 50 nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Desa Wisata Selasari layak masuk 50 nominasi karena daya tarik wisatanya cukup beragam. Mulai dari River Tubing Satirah, Pepedan Hills, Gua Lanang, hingga Budaya dan Kuliner khasnya.

1. River Tubing Santirah

River Tubing Santirah menjadi salah satu wisata andalan di Desa Wisata Selasari. Sungai Satirah yang airnya jernih dan dikelilingi alam yang indah, sangat cocok dimanfaatkan untuk wisata river tubing atau body rafting.

Panjang rute pengarungan alur sungai kurang lebih sepanjang 1,5 kilometer. Siapa pun yang mencoba pasti akan terkesan karena di sepanjang jalur akan menemukan beberapa spot yang tidak biasa seperti ada air terjun dan ada 4 buah gua alami dan eksotis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun