Mohon tunggu...
Ali Muakhir
Ali Muakhir Mohon Tunggu... Penulis - (Penulis Cerita Anak, Content Writer, dan Influencer)

Selama ini ngeblog di https://www.alimuakhir.com I Berkreasi di IG @alimuakhir I Berkarya di berbagai media dan penerbit I (cp: ali.muakhir@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Internet Ternyata Sangat Bermanfaat untuk Penjual Nasi Liwet

11 Juli 2022   07:30 Diperbarui: 11 Juli 2022   07:32 806
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nasi Liwet (foto dari freepik)

MANFAAT Internet, apalagi Internetnya Indonesia itu memang sangat luas, tidak hanya untuk orang-orang kantoran saja, melainkan juga untuk pedagang kaki lima, salah satunya penjual nasi liwet di dekat kantor.

Saya menemukan penjual nasi liwet yang sekarang jadi langganan beneran tidak sengaja. Awalnya dari keisengan scroll salah satu aplikasi jasa antar makan yang sudah sangat familiar itu. Hari itu, usai meeting benar-benar malas banget cari makan di luar.

Saya cari tempat makan terdekat dari kantor dan menemukan penjual nasi liwet dengan harga yang sangat bersahabat. Satu porsi dihargai Rp13.000,- saja. Itu sudah termasuk sepotong ayam goreng dengan tempe tahu. Tanpa berpikir panjang akhirya saya order.

Apa yang terjadi kemudian? Ternyata jarak antara penjual nasi liwet dengan kantor tidak lebih dari 500 meter. Mamang yang anter makanan sampai geleng-geleng kepala karena dia nganter nggak pakai motor, hehehe. Saya sendiri memang nggak ngecek jarak waktu order. Alhasil karena enak, sejak hari itu saya jadi salah satu pelanggannya.

Sempat beberapa kali iseng mendatangi gerobaknya yang berada tepat di depan sebuah gang, antreannya lumayan panjang. Kebanyakan yang antre mamang-mamang dari aplikasi jasa antar makan itu. Belinya juga bukan cuma 1 porsi, saya lihat bahkan ada yang sampai sepuluh porsi.

Meski kejadian seperti itu saat ini sudah lazim terjadi, tetapi saya sangat salut dengan penjual nasi liwet yang saya taksir usianya masih sangat muda. Masih usia anak kuliahan smester awal.

Saya tidak pernah tanya-tanya detil tentang penjual nasi liwet tersebut, saya cuma dengar dia cerita kalau gara-gara aplikasi jasa antar makan itu dagangannya tidak pernah sepi. Bahkan sesekali kualahan melayani.

Sejak awal jualan dia memang benar-benar mengandalkan internet untuk menjajagan dagangannya, terlebih saat ini koneksi internet seperti IndiHome dan Telkom Indonesia sangat suport, jadi sangat mudah. Lantas, apa saja manfaat internet yang mamang penjual nasi liwet itu rasakan?

1. Memudahkan Survei

Sebelum jualan, mamang penjual nasi liwet melakukan survei dengan menggunakan intenet. Dia mencari lokasi penjual nasi liwet yang ada saat ini ada di sekitar lingkungannya dan di seputar Bandung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun