Mohon tunggu...
Ali Muakhir
Ali Muakhir Mohon Tunggu... Penulis - (Penulis Cerita Anak, Content Writer, dan Influencer)

Selama ini ngeblog di https://www.alimuakhir.com I Berkreasi di IG @alimuakhir I Berkarya di berbagai media dan penerbit I (cp: ali.muakhir@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Aplikasi GueSehat Itu Simpel, tetapi Sangat Dibutuhkan untuk Kesehatan Sepanjang Masa

7 November 2017   14:08 Diperbarui: 7 November 2017   15:16 2340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aplikasi GueSehat Dalam Genggaman (Foto Ali)

PALING mendebarkan bagi saya akhir-akhir ini adalah serangan sakit yang tiba-tiba. Bukan apa-apa, selain biaya pengobatan sekarang cukup mahal, meski pun sudah dicover kartu jaminan kesehatan, kadang  dokter langsung memprediksi atau bahkan langsung memvonis jenis penyakit yang diderita, padahal belum diperiksa dengan detil.

Seperti beberapa waktu lalu, tiba-tiba istri sakit pada bagian paling vitalnya. Kebetulan dia sudah saatnya mengganti alat kotrasepsi, jadi memeriksakan diri pada dokter kandungan langganannya. Sambil mengganti dia konsultasi sakit yang tengah dideritanya.

Sungguh, saya sangat kaget sekaligus marah luar biasa. Tidak ada hujan dan tidak ada badai, istri divonis kena kondiloma. Allahu akbar, sebagai suami pastilah saya tidak percaya. Itu kan penyakit kelamin yang terjadi akibat sex bebas. Lebih konyol lagi, istri diberi arahan untuk melakukan laser supaya penyakitnya sembuh.

Saat itu juga, begitu mendapat informasi dari istri, saya langsung googling tentang kondiloma dan cara penyembuhannya. Segala informasi yang terkait dengan kondiloma saya lalap habis. Bukannya tercerahkan, saya malah ikutan galau karena banyak sekali informasi terkait kondiloma, tetapi bukan dokter yang bisa dipercaya yang menerangkan.

Pun, saat saya memenuhi permintaan istri untuk berobat secara alternatif karena istri memang paling anti yang namanya dokter. Kelihatannya dia agak trauma sama dokter. Setelah saya coba bicara dari hati ke hati, akhirnya beberapa hari kemudian saya bawa istri ke dokter spesialis kulit dan penyakit kelamin.

Apa yang terjadi saudara-saudara?! Tidak perlu lama-lama diperiksa, dokter langsung membuat resep untuk mengobatinya. Dokter tertawa saat saya ceritakan semua kejadian yang dialami istri dan membuat saya kalang kabut.

"Bapak tidak perlu khawatir, istri Bapak tidak apa-apa. In syaa' Allah dengan resep ini istri Bapak akan sembuh," kata Bu Dokter dengan bijaksana sambil menyodorkan resep.

Benar saja, setelah istri minum obat pemberian dokter, sakit yang diderita istri berangsur membaik. Senyum Istri pun kembali mengembang. Seminggu kemudian datang lagi untuk kontrol dan istri dinyatakan sembuh.

Sejak kejadian tersebut, saya benar-benar tidak mau lagi sembarangan tanya kepada dokter, apalagi tanya kepada Mbah Google tentang suatu penyakit karena informasi yang diberikan tidak selalu valid. Kalau pun harus bertanya atau googling hanya sekadar cek ombak dan nambah pengetahuan.

Mau Sehat? Unduh Aplikasi GueSehat

Saat ini, banyak portal dan aplikasi yang menyajikan informasi tentang dunia kesehatan. Mulai dari yang informasinya spesifik ataupun yang informasinya global. Selagi kontennya dibuat oleh para dokter berpengalaman tidak masalah karena sangat membantu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun