Mohon tunggu...
Abizar
Abizar Mohon Tunggu... Bismillah

Lagi menganggur sedang asyik menulis

Selanjutnya

Tutup

Novel

Jakarta di Dunia Khayalku Part 15

5 Mei 2021   05:03 Diperbarui: 5 Mei 2021   05:14 22 1 0 Mohon Tunggu...

Pogram WBM Waktu Batavia Magang pun dikabarkan ke media massa. Lelah para pengangguran dan lulusan baru yang lulus di masa sulit kerja dengan program kartu pra kerja dari pemerintah pusat yang tidak jelas, akhirnya mereka beralih mencoba mendaftar WBM. Tentu saja pengurus RT setempat membantu agar pendaftaran tidak membludak satu tempat, mudah juga dalam verifikasi berkas karena toh itu warganya juga.

Feedback pun bermunculan. Rakyat Batavia kelas tengah kaum si Pemikir bersyukur ada program WBM ini membuat mereka produktif dan punya uang untuk membeli kebutuhan hidup mereka sendiri. Kelas bawah kaum si Penggerak yang mensupport ekonomi rakyat pun menggeliat karena ada daya beli baru. Pusaran bawah semakin kencang sementara tengah mulai mengikuti. Hanya atas yang tetap diam. Skeptis seperti biasa masih wait and see punya uang seabrek tapi hanya nongkrong di deposito, emas, reksadana, saham, dan kripto. 

Biasa...

Cari aman..

Cuma aku heran kenapa kaum si Pemodal asyik bermain saham padahal Great Depression di amerika tahun 1929 juga terjadi karena adanya permainan saham spekulatif dan overpriced. Begitu juga dengan great recession 2008. Tapi anehnya pandemi begini malah viral kripto. Gak faham sejarah Tulip Bubble apa ya.. 

Tapi memang dasar aku kan kelas bawah mana faham permainan orang atas. Orang kelas bawah sok sokan paling cuma bisa ikut ikutan main saham ala ala batu akik sama tanaman janda bolong. Hanya sebentar terus hilang. 

Sayang semua program yang ada butuh dana besar sehingga hanya bisa sebentar. aku dan para penasehat berfikir keras bagaimana cara meyakinkan kelas atas si pemodal untuk mencairkan dananya agar berputar di pasar lokal

"Bagaimana kalau mereka bukan karyawan tapi pengusaha yang punya usaha kecil dan menengah ?"

"Ah!!! Untuk kaum si pemodal, Gmana kalo kita buat program lain. Kita namakan WBB Waktunya Batavia Bermodal !"

"Apa tuh WBB ?"

"Gini gini... Kita maksimalkan fungsi Koperasi untuk rakyat yang kesulitan membiayai usahanya yang lama ataupun memulai usaha yang baru akan dibuat agar mendapat dana pinjaman usaha dan konsultasi. Setelah diajari cara membuat proposal bisnis atau motivasi bisnis, Kita beri bantuan modal dengan skema bagi hasil."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x