Mohon tunggu...
Abizar
Abizar Mohon Tunggu... Bismillah

Lagi menganggur sedang asyik menulis

Selanjutnya

Tutup

Novel

Jakarta di Dunia Khayalku [Part 13]

3 Mei 2021   21:14 Diperbarui: 3 Mei 2021   21:15 32 2 0 Mohon Tunggu...

Tidak bisa dipungkiri ada 3 kelas dalam rakyat dan masing masing terdampak yaitu kelas bawah, menengah, dan atas.

Kalangan atas adalah para pengusaha si kaum Pemodal, menengah menjadi karyawannya si kaum Pemikir dan terakhir adalah kaum bawah yang mempunyai ekonomi rakyat si kaum Penggerak mensupport menengah dan atas. masing pun beda cara menolongnya karena masing masing punya jalan rezekinya dan semua saling mendukung antara satu kelas dengan yang lain.

Menolong atas akan membantu yang menengah tapi bisa jadi atas akan menimbun memikirkan dirinya melupakan yang lain alhasil kelas lain terseok seok. Belum lagi kelas lain hanya bisa melihat dan iri. Sehingga setiap bantuan harus menyeluruh, serentak, dan efektif.

Lagipula Batavia punya SILPA sisa anggaran. Belanja negara Hindia Belanda tahun ini 2500 triliun tapi SILPAnya 10 persen sangat besar. Dari 250an, uang Batavia selalu sisa sekitar 10 triliun dari tahun ke tahun.

Akhirnya aku bergerak. Aku panggil penasihat dan merumuskan cara terbaik memakai uang tersebut.

"Mari kita pakai uangnya untuk ditebar ke masjid. Sebentar lagi akan ada pemberian zakat fitrah untuk kaum bawah miskin."

"Betul juga. kan dapat uang tersebut dan bisa dipakai untuk belanja bahan makanan menggerakkan ekonomi mereka juga."

"Saranku bagaimana data penerima zakat kita ambil untuk bantuan skala panjang, sudah pasti data tersebut akurat dan terpercaya."

"Betul ! ayo kita minta pengurus RT dan RW menebar form ke pengurus mesjid supaya datanya lebih detail. Nanti tinggal transfer sesuai KTP."

Episode sebelumnya membuat semua pengurus menjadi lebih amanah dan jujur sehingga mudah dalam penyaluran bantuan. Toh juga gaji mereka sudah cukup.

Dari situ akan ada 4 juta rakyat bawah miskin Batavia terbantu dengan bantuan 4 juta rupiah setara UMR selama 6 bulan.
Tapi jika dihitung kasar 4 juta rupiah x 6 bulan x 1 juta rakyat miskin saja yang mendaftar nilai totalnya sekitar 24 triliun. tentu dengan silpa tidak cukup. Bahkan anggaran Batavia tahun 2019 hanya 89 triliun.

Akhirnya disepakati hanya 1 bulan untuk 1 juta keluarga kaum penggerak sekitar 4 triliun sambil melihat hasil penyaluran bantuannya bagaimana. tersisa 6 triliun..

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x