Mohon tunggu...
Ziddan Alghifari
Ziddan Alghifari Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta '20

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Dari Kota Kembang ke Kota Istimewa, Warung Makan Chinese Food yang Bersahabat dengan Kantong Mahasiswa

21 April 2021   13:48 Diperbarui: 21 April 2021   14:07 259 4 0 Mohon Tunggu...

Halo guys siapa disini yang doyan sama Chinese food nih ? Seperti Fuyung hay, sapotahu, udang shecuan, cap cay, kwetiau, serta beraneka ragam makanan laut lainnya macam cumi, kerang hingga ikan gurame. Ngomongin soal makanan jadi laper ya? 

Eits tapi buat yang sedang menjalankan ibadah puasa ditahan dulu ya, tunggu sampai bedug maghrib.

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi hasil dari liputan saya ke UMKM Chinese food ini. Ya untuk alamatnya sendiri "Mie Kota Kembang Chinese food & Seafood" ini berada di Jl. Perumnas, Mundu No. 138 C.T, Depok, Sleman, Yogyakarta. Oke, jadi warung Chinese food ini adalah milik Ibu Sularti pribadi bersama suaminya.

Warung Chinese Food
Warung Chinese Food
Beliau sendiri aslinya Solo Wonogiri. Usaha Chinese food milik beliau berdiri sejak 2007, yang artinya sudah 14 tahun semenjak awal dirintis sampai sekarang. Beliau merintis usahanya saat umur 22 tahun. 

Awal berdiri warung Chinese food ini di Jl. Kledokan, selatan Citroulli hingga 2014. Kemudian warung ini pindah ke  Jl. Magersari. Hingga 2017, baru warung Chinese food ini pindah ke alamatnya yang sekarang yaitu di Jl. Perumnas. Total sudah 3 kali berpindah lokasi ya. Sebelum merintis usaha ini, Ibu Sularti ini dulunya bekerja di Resto Chinese food juga yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. 

Karena lokasi nya yang jauh dari rumah beliau, pada saat itu anak beliau juga masih kecil, jadi diputuskan untuk pindah dan merintis usaha Chinese food sendiri di Jogja. 

Nama warung Chinese food Bu Sularti ini juga terinsiprasi dari kota awal ia bekerja yaitu Bandung, yups Kota Kembang, oleh karena itu nama warungnya "Mie Kota  Kembang Chinese food & Seafood". Tidak ada karyawan yang bekerja untuk warung Chinese food ini, karena Ibu Sularti sendiri yang menjadi karyawannya Bersama suaminya serta anaknya yang nomer satu. 

Gimanasih menjalani rutinitas dalam usaha ini ? Biasanya Ibu Sularti mulai belanja jam 8 pagi di pasar Nologaten. Beres beres hingga jam 9 dan buka pukul 10. 

Tidak ada strategi khusus yang beliau terapkan dalam berjualan, tetapi ada Kerjasama dengan mitra Gojek,Grab, dan juga beliau bilang Shopee Food ( yang sebentar lagi rilis ) yang artinya bisa menerima pembayaran via Gopay,OVO, dan Shopee pay, tidak hanya uang cash. 

Dikala pandemi seperti ini pengaruh yang dialami UMKM memang sangat berasa, sama halnya seperti yang dirasakan warung Chinese food milik beliau. Karena mayoritas pelanggannya itu Mahasiswa, sedangkan sekarang kita tahu sendiri Mahasiswa pada pulang karena kuliah sampai sekolahpun masih dilaksanakan secara online. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN