Mohon tunggu...
ALGA ZALI
ALGA ZALI Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hallo, saya seorang mahasiswa dari prodi teknik informatika, terimakasih sudah berkunjung ke situs ini ya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila sebagai Sistem Filsafat dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dan Kehidupan di Kampus

16 Juni 2021   09:35 Diperbarui: 16 Juni 2021   09:41 21 1 0 Mohon Tunggu...

Pancasila sebagai sistem filsafat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di lingkungan kampus menurut saya pribadi yaitu masih ada mahasiswa/mahasiswi yang belum tahu seluruhnya tentang pancasila. Apalagi dengan arti simbol yang berada di dada burung Garuda, pasti banyak yang belum mengetahui, meskipun dari masa sekolah sudah mempelajari Pancasila, namun tidak banyak dari mahasiswa yang mengamalkan makna Pancasila sebagai sistem filsafat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hingga menduduki bangku kuliah.

Sangat disayangkan bila penerus bangsa ini tidak mengamalkan arti penting Pancasila yang selalu menjadi pedoman kita dalam bernegara dan menjadi ideologi bangsa ini, yang telah menjadikan bangsa Indonesia berbeda dan istimewa dari bangsa yang lain. 

Ketika mahasiswa/mahasiswi hendak masuk ke perguruan tinggi negeri ataupun swasta, pemikirannya yang terbayang yaitu mereka masuk perguruan tinggi hanya soal belajar terus menerus yang menjadi patokannya selalu dan menjadikan itu kesibukannya. Pemikiran seperti inilah yang membuat mahasiswa sampai melupakan ilmu Pancasila yang sudah dipelajari dari beberapa tahun yang lalu. Ilmu Pancasila itu kesannya tidak diamalkan hingga masuk ke perguruan tinggi.

Apa dampaknya bila negara Indonesia ini jika mahasiwa sudah tidak mengamalkan nilai-nilai untuk berperilaku seperti Pancasila? Berkemungkinan besar gambaran mahasiswa Indonesia sekarang yang penuh dengan kekerasan dan masalah dan tidak ada norma dan etika berdasarkan nilai moral pada Pancasila.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x