Mohon tunggu...
Alfred Benediktus
Alfred Benediktus Mohon Tunggu... Editor - Menjangkau Sesama dengan Buku

Seorang perangkai kata yang berusaha terus memberi dan menjangkau sesama

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Co-working Space dan Kehadiran Negara

25 Juni 2024   19:19 Diperbarui: 25 Juni 2024   19:20 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi bukan lokasi asli (sumber: brilio.net)

CO-WORKING SPACE DAN KEHADIRAN NEGARA

Beberapa pemerintah daerah di Indonesia telah mulai mendirikan co-working space sebagai bagian dari upaya untuk mendukung komunitas startup dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Seperti di Kabupaten Sleman, tempat saya tinggal terdapat beberapa co-working space yang disediakan oleh Pemda untuk mendukung aktivitas masyarakat, khususnya para startup dan komunitas kreatif.

Co-working space yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Sleman merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mendukung dan mengembangkan ekosistem kreatif serta startup di wilayah Sleman. Dengan dukungan dari pemerintah, tempat ini mampu menawarkan berbagai fasilitas dan program yang mendukung perkembangan bisnis dan kreativitas para penggunanya. Berikut ini dua contoh co-working space yang ada di Kabupaten Sleman.

1. Sleman Creative Space Tridadi Sleman

Sleman Creative Space adalah inisiatif Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Koperasi dan UKM. Tempat ini didirikan untuk mendukung pengembangan industri kreatif dan startup di wilayah Sleman.

Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas seperti ruang kerja bersama, ruang meeting, area diskusi, akses internet, serta fasilitas untuk mengadakan acara atau workshop. Selain itu menyediakan ruang bagi para pengusaha muda, komunitas kreatif, dan startup untuk berkolaborasi, berinovasi, dan berkembang bersama.

Sleman Creative Space memiliki suasana yang modern dan kreatif, dirancang untuk mendukung kolaborasi dan produktivitas. Desain interior yang nyaman dan fasilitas lengkap menciptakan lingkungan yang kondusif untuk bekerja.

Selain sebagai tempat kerja, Sleman Creative Space juga sering mengadakan berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, dan acara networking yang membantu para profesional dan startup untuk belajar dan bertukar ide.

2. Sleman Creative Space Anggajaya Condongcatur

(sumber: genpijogja.com)
(sumber: genpijogja.com)

Sleman Creative Space yang terletak di Taman Kuliner Condongcatur, Sleman, Yogyakarta merupakan inisiatif dari Pemerintah Kabupaten Sleman dan didesain untuk mendukung pelaku industri kreatif serta startup lokal. Berikut adalah keunggulan dan fasilitas yang ditawarkan oleh Sleman Creative Space Anggajaya:

Keunggulan utama adalah mendapat dukungan dari Pemda. Sebagai inisiatif pemerintah daerah, Sleman Creative Space sering kali menawarkan biaya yang lebih terjangkau atau bahkan gratis untuk para pengguna tertentu. Selain itu dapat mengakses program-program pendukung dari Pemda Sleman, seperti pelatihan, workshop, dan inkubasi bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun