Mohon tunggu...
Alfred Anwar
Alfred Anwar Mohon Tunggu... Guru - Guru

Penulis adalah seorang pengajar di salah satu sekolah kejuruan SMKN 1 Guguk, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Kebiasaan Membersihkan Wajah...

11 September 2022   13:59 Diperbarui: 11 September 2022   14:01 46 8 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Siapa sih yang tidak pernah membersihkan wajah? Sesuatu kebiasaan yang pasti dilakukan oleh setiap manusia. Apalagi disaat pergi keluar rumah dengan jalan kaki atau  dengan kendaraan roda dua. Saat pulang ke rumah yang pertama dilakukan adalah membersihkan wajah dari debu yang menempel. Terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Di desa pun sekarang sudah ramai kendaraan bermotor.


Sebenarnya bagi umat muslim, anjuran untuk membersihkan muka ini sudah ada sejak zaman dahulu. Yaitu dengan melaksanakan wudhu. Sholat yang wajib dilaksanakan 5 kali sehari semalam selalu diawali dengan wudhu, karena tidak sah sholat seseorang apabila tidak berwudhu terlebih dahulu.


Banyak ilmuwan-ilmuwan melakukan penelitian tentang wudhu ini dan hasilnya sangat menakjubkan. Menurut mereka sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan apabila wudhu ini dilakukan dengan benar. Salah satunya Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater dan sekaligus neurology berkebangsaan Austria, (seperti yang dikutip di https://www.republika.co.id/ yang diakses pada tanggal 11 September 2022) menyatakan bahwa ada pusat-pusat syaraf pada tubuh manusia ini yang peka dan sensitif terhadap air segar yaitu di bagian dahi tangan dan kaki. Beliau menyimpulkan bahwa orang yang selalu berwudhu berarti sudah menjaga kesehatannya. Bahkan merekomendasikan agar wudhu bukan hanya milik dan kebiasaan umat Islam, tetapi untuk seluruh umat manusia. Akhirnya Leopold memeluk agama Islam dan mengganti nama menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels.


Pernah juga saya membaca hasil penelitian bahwa ada titik-titik syaraf yang bila ditekan akan mampu mengobati berbagai penyakit dan merangsang syaraf yang lain untuk bekerja maksimal. Salah satunya pada daun telinga. Setelah membaca artikel tersebut, saya ingat waktu sekolah di Sekolah Dasar dulu, ada teman yang daya ingatnya sangat rendah. Barusan dijelaskan oleh guru, langsung lupa. Sehingganya dia sering kena jewer telinganya. Namun saat kami sekolah di SLTP dia berubah drastis, dan bisa mendapat rangking 5 besar.


Bagi rekan-rekan muslim, sebenarnya tidak perlu lagi membersihkan wajah kalau selalu melakukan wudhu dengan sempurna. Setiap hari wajibnya 5 kali. Kalau ditambah dengan sunatnya, sholat dhuha, sholat tahajud dan wudhu sebelum tidur. Jadi minimalnya kita sudah melakukan membersihkan wajah 8 kali sehari semalam. Akan jauh lebih kinclong daripada menggunakan pembersih zat kimia yang terkadang ada efek sampingnya untuk jangka waktu yang lama.


Semoga bermanfaat...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan