Mohon tunggu...
Nur Alfiyani
Nur Alfiyani Mohon Tunggu... Proses Belajar

DALAM MASA PERTUMBUHAN

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Guru Kesulitan Mengajar Online karena Orangtua Tidak Paham Teknologi

14 Juni 2021   18:44 Diperbarui: 14 Juni 2021   18:43 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Guru Kesulitan Mengajar Online karena Orangtua Tidak Paham Teknologi
Dokumen pribadi

Jakarta - Dimasa pandemi saat ini membawa perubahan besar bagi dunia pendidikan,kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah secara online. Keterlibatan orang tua menjadi peran penting dalam proses pembelajaran,namun banyak orang tua yang belum memahami perkembangan teknologi sehingga pembelajaran jadi kurang efektif.


" mulai dari waktu belajar,  jaringan dan orang tua yang belum paham betul teknologi  membuat pembelajaran jadi gak efektif." ucap Sekar Difa guru PAUD,sabtu(12/6).


Kegiatan ini menjadi tantangan bagi para tenaga pengajar, mereka harus sabar dalam menjelaskan pada orang tua murid tentang cara penggunaan aplikasi yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar,agar mempermudah proses pembelajaran.


"Sebelum nya pasti di ajarin dulu untuk pakai google duo nya , dikasih contoh penggunaan juga biar lebih ngerti." ucap sekar


Namun masih saja ada beberapa orang tua murid yang masih tidak mengerti setelah diberitau cara penggunaannya. Para guru terus berusaha semaksimal mungkin untuk mengajarkan aplikasi ini kepada orang tua murid agar murid tidak tertinggal materi pelajaran dengan cara  video call via aplikasi Whatsapp.


"Diusahain diajarin dulu , ada yang ga paham jadi di alihkan pake vc via WhatsApp , biar anak nya ga ketinggal proses pembelajaran." ucap sekar

Sekarpun menegaskan bahwa peran orang tua sangat penting terhadap proses keberhasilan belajar anak. 

"orang tua jadi peran yang penting sekali,karna siswa yang saya ajar masih kecil-kecil dan butuh dampingan orang tuanya." Ucapnya. 

VIDEO PILIHAN