Mohon tunggu...
Alfirdausi nuzula
Alfirdausi nuzula Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN KHAS Jember

Salah satu Mahasiswa dari UIN KHAS Jember Program Studi Pendidikan Agama Islam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Sosial Guru Dalam Pendidikan Islam

23 Oktober 2021   21:02 Diperbarui: 23 Oktober 2021   21:04 70 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peranan sosial guru dalam pendidikan sendiri atau biasa kita dengar dengan sebutan kompetensi pedagogik adalah kemampuan ataupun keahlian seorang guru dalam memberikan pengajaran para peserta didiknya yang biasanya berupa pemahaman,wawasan dan juga perencanaan pembahasan atau juga memberikan sebuah evaluasi pembelajaran untuk melihat seberapa besar kemampuan dan wawasan ilmu peserta didik selama kita ajar dan juga untuk mengembangkan cara berfikir para peserta didik untuk menifestasikan potensi ataupun kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik itu sendiri. Sebagai seorang guru tentulah kita harus dan wajib untuk belajar dalam berfikir kerja yang baik dan dengan dewasa yang tinggi,disini juga guru berprofesi sebagai penampung jabatan yang sifatnya strategis dalam kehidupan dan lingkup masyarakat. Seorang guru juga terus dapat mempertahankan posisi dan kedudukannya dan juga memanfaatkan melalui upaya-upaya untuk terus mengembangkan potensi diri secara maksimal untuk memperoleh hasil yang maksimal pula tentunya dan berusaha untuk mencoba belajar lebih dalam lagi. 

Salah satunya juga mendasari betapa pentingnya seorang guru harus berusaha dalam pengembangan diri karena pendidikan dilakukan bukan hanya sampai kita lulus dalam sekolah ataupun kuliah akan tetapi dalam hal menuntut ilmu kita harus dilakukan dalam waktu panjang hingga sampai akhir hayat. Dalam hal ini harus dilakukan oleh guru maupun peserta didik yang man upaya seseorang dalam mencapai perkembangan diri tidak akan pernah selesai bahkan ketika telah berusia tua kita tetap harus belajar atau menuntut ilmu untuk mencapai tujuan dalam mencapai pengembangan diri yang sempurna. Selai itu bahwa sistem pengajaran dan juga penyampaian ilmu atau materi kepada para siswa selalu perlu dikembangkan mengikuti perkembangan zaman yang ada,apalagi pada zaman yang serba modern seperti sekarang ini kita harus menyeimbangkan dengan adanya  teknologi-teknologi yang semakin canggih ini. 

Dengan adanya teknologi ini juga dapat membantu guru dalam memberikan materi dalam pengajaran dan penyampaian seperti contoh dengan adanya teknologi guru dengan mudah menyampaikan materi pembelajaran melalui beberapa fitur aplikasi yang ada, juga dapat menjadikan suasana didalam kelas saat pembelajaran berlangsung tidak monoton dan dengan begitu tidak menjadikan siswa bosan dalam kegiatan belajar mengajar,selain menguntungkan untuk guru dengan adanya teknologi yang ada juga dapat mempermudah siswa dalam menangkap dan memahami materi yang diberikan oleh guru,seperti contoh saat guru memberikan materi dengan menggunakan bantu aplikasi power point didalamnya selain berisikan materi yang akan diajar juga pastinya guru akan menambahkan fitur-fitur seperti fitur animasi dan video sebagai pendukung untuk siswa dalam menangkap dan memahami materi yang diberikan akan dapat diserap dengan mudah. Usaha dalam mengembangkan sistem pengajaran dan dibenahi isi serta teknologi pengajaran materi dan juga strategi dalam pembelajaran,metode pengajaran selalu dan juga harus untuk dikaji dan jiga perlu untuk terus dikembangkan demi untuk efisiensi dan ke efektivitasan kerja kependidikan.

Peran penting sosial guru juga sangat penting apalagi pada pendidikan islam. Seorang guru haruslah menjadi contoh untuk para peserta didiknya. Maka dari itu seorang guru dituntut untuk memiliki sikap dan sifat yang baik baik disekolah maupun diluar sekolah mengapa? Karena seorang guru itu sebagai teladan bagi para peserta didiknya,jika sikap dan sifat seorang guru jelek maka para peserta didiknya akan meniru perilaku jelek tersebut. Dalam hal ini juga status sosial guru di perlukan bagaimana ia bersosial kepada para peserta didik atau pun pada dilingkungan masyarakat, bukan hanya disekolah saja tetapi saat dirumah pun guru harus memberikan dan mempertahankan wibawanya sebagai seorang guru. Ia harus bisa menjaga hubungan sosial yang baik dalam lingkup keluarga maupun lingkup masyarakat. Jika ia dalam bermasyarakat dicap sebagai pribadi yang buruk maka wibawa atau citra ia sebagai seorang guru akan buruk pula. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan