Mohon tunggu...
Alfira Rahma Nursita Haerna
Alfira Rahma Nursita Haerna Mohon Tunggu... Mahasiswi PKP UNS 2017

Doing great is a must!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sosialisasi PHBS sebagai Langkah Pencegahan COVID-19 oleh KKN UNS di Perumnas 2 Parung Panjang

20 Juli 2020   15:46 Diperbarui: 20 Juli 2020   15:44 20 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi PHBS sebagai Langkah Pencegahan COVID-19 oleh KKN UNS di Perumnas 2 Parung Panjang
Gambar 1. Kegiatan Sosialisasi PHBS dengan Tema BERSERI (Bersih, Sehat dan Riang) pada Anak-anak RT 01/RW 06 Perumnas 2 Bumi Parung Panjang/dokpri

BOGOR - Adanya pandemi covid 19 ini membuat Universitas Sebelas Maret Solo mengalihkan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang seharusnya dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus ini menjadi  KKN daring dan aksi melawan pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa UNS yang terbagi menjadi 3 Periode. Kegiatan Periode 2 ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020 di domisili masing-masing. 

Perumnas 2 Bumi Parung Panjang di Kabupaten Bogor menjadi salah satu tempat pelaksanaan kegiatan KKN daring dan aksi melawan pandemi Covid-19. Relawan melaksanakan kegiatan KKN daring dan aksi melawan pandemi Covid-19 di wilayah RT 01/RW 06 Perumnas 2 BP yakni mahasiswa fakultas pertanian bernama Alfira Rahma Nursita Haerna dengan dosen pembimbing lapang Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T.. KKN Tema yang di usung adalah supporting pemahaman kepada masyarakat terkait COVID-19. Adapun salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan adalah sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada anak-anak. 

Kegiatan ini diselanggarakan secara langsung bertatap muka kepada anak-anak usia PAUD hingga kelas 1-5 SD yang berada di RT 01/RW 06 Perumnas 2 BP. Kegiatan yang dilakukan yakni berupa memberi pemahaman dan pengenalan tentang COVID-19, macam-macam perilaku hidup bersih dan sehat dan praktik mencuci tangan. 

Seluruh kegiatan dikemas dengan tema BERSERI (Bersih, Sehat dan Riang) dengan konsep fun learning. Warga RT 01/RW 06 mengaku senang akan adanya kegiatan ini, karena dapat sekaligus mengisi waktu luang selama program PSBB berlangsung dan memberi ilmu pengetahuan  kepada anak-anak. Warga juga berharap kegiatan sosialisasi PHBS ini dapat berkelanjutan diterapkan di lingkup RT lainnya dan tidak sebatas program kerja KKN saja. 

VIDEO PILIHAN