Mohon tunggu...
Alfira Fembriant
Alfira Fembriant Mohon Tunggu... Lainnya - Instagram : @Alfira_2808

Music Director and Radio Announcer STAR 105.5 FM Pandaan Pasuruan East Java (from 2012 until now) πŸ“»

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Mengenal Music Director di Radio

8 Juni 2023   15:59 Diperbarui: 9 Juni 2023   20:05 824
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Me - Music Director Radio (Document pribadi)

Pernah punya fikiran gak, kira-kira lagu-lagu yang diputar di Radio itu dapatnya darimana sih?

Apakah unduh illegal di internet, ataukah ada cara lainnya?

Disini saya akan membahas radio yang konteksnya resmi dan terdaftar di KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) yaa, dan bukan radio illegal yang standar program, manajemen, hingga perizinannya dipertanyakan.

Baca juga: Radio Legal vs Radio Ilegal di Era Digital

Sebelumnya perkenalkan terlebih dahulu (bagi yang belum kenal), disini profesi saya adalah penyiar radio (2012-sekarang), dan menjabat sebagai music director radio (2019-sekarang) di salah satu radio yang ada di Jawa Timur.

Sesuai dengan pengalaman, selain adanya penyiar & pendengar, yang identik di radio itu adalah lagu-lagunya. Walaupun ada jeda iklan maupun kadang ada narasumber atau talkshow, tapi yang paling utama adalah adanya komunikasi antara penyiar dan pendengar, kemudian sebagai jedanya ada iklan maupun lagu-lagu yang diputar.

Berbicara mengenai lagu-lagu yang diputar di radio, sebagai radio resmi pastinya tidak serta merta begitu saja, seperti dalam fikiran banyak orang di era digital ini yaitu main ambil di internet. Melainkan lagu-lagu di radio itu adalah resmi dikirim dari pihak label musik yang bersangkutan.

Label musik dalam hal ini adalah tempat perusahaan (studio musik) dimana para musisi rekaman sebuah lagu hingga juga mempunyai manajemen pemasaran lagu/album tersebut agar dapat diterima dengan baik di masyarakat.

Sedari dulu, selain dijual menggunakan kepingan compact disc atau sekarang dijual pada platform digital musik, pihak dari label musik tersebut juga bekerja sama dengan para media televisi, radio, maupun media cetak sebagai bahan promosinya.

Bagaimanapun seorang musisi, penyanyi, atau grup musik itu juga erat kaitannya dengan media. Sehingga label musik pun juga membutuhkan media-media tersebut untuk mempopulerkan karya-karya dari para artisnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun