Mohon tunggu...
Alfira Fembriant
Alfira Fembriant Mohon Tunggu... Jurnalis - Instagram : @Alfira_2808

Penyiar Radio yang hobi nonton Film Bioskop. (S2 Management)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pengalaman Mengambil BSU Lewat Kantor Pos

16 November 2022   15:04 Diperbarui: 16 November 2022   15:10 431
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kantor Pos (document pribadi)

Resah, gelisah, panik, bingung karena BSU (Bantuan Subsidi Upah) 2022 tidak cair-cair, membuat para pekerja yang lolos seleksi penerima BSU sedari September lalu hingga saat ini sudah bulan November, merasakan perasaan seperti awal di sebutkan.

Rasanya itu, seperti anak SD (Sekolah Dasar) yang menunggu jemputan orang tuanya untuk pulang ke rumah saat pulang sekolah, kemudian teman-teman kita sudah dijemput semua, tetapi hanya kita saja yang tidak kunjung dijemput oleh orang tua. Nyesek bukan?

Ya, begitulah rasanya.

Terkadang kondisi kita tidak terlalu urgent menerima BSU tersebut. Hanya saja yang dirasakan para karyawan perusahaan yang jelas-jelas sesuai kriteria penerima BSU, kemudian tidak segera masuk ke rekening Bank Himbara (Bank Milik Negara/BUMN) seperti yang disosialisasikan Kemnaker (Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia) mulai September lalu, membuat para pekerja tersebut bertanya-tanya tentang statusnya.

Nah, di minggu-minggu terakhir ini mendapatkan kabar bahwa penyaluran BSU tersebut yang belum masuk ke rekening Bank Himbara akan disalurkan lewat Kantor Pos. Sehingga para pekerja pun yang lolos seleksi Kemnaker, tinggal ke Kantor Pos saja untuk pengambilan BSU tersebut.

Dan ya, Alhamdulillah sudah cair.

Uang BSU Cair (document pribadi)
Uang BSU Cair (document pribadi)
Dikutip dari Kompas, Menaker (Menteri Tenaga Kerja) Ida Fauziyah menjelaskan bahwa pencairan subsidi gaji di Kantor Pos dilakukan melalui tiga cara, yaitu:

Pertama langsung datang ke Kantor Pos terdekat. Kedua, pencairan dilakukan secara kolektif di perusahaan atau tempat tertentu yang ditunjuk PT Pos Indonesia. Ketiga, jika penerima berhalangan hadir seperti sakit, maka petugas PT Pos Indonesia akan menghampiri langsung ke rumah atau rumah sakit yang bersangkutan.

Dengan poin yang sudah disebutkan di atas, kita yang lolos seleksi Kemnaker tapi belum tersalurkan lewat Bank Himbara, langsung tancap gas dong ke Kantor Pos terdekat yaitu seperti poin pertama.

Jadi jangan menunggu dapat undangan atau notifikasi by email sejenisnya untuk pengambilan BSU di Kantor Pos. Karena sesuai pengalaman saya pribadi juga tidak menerima notifikasi apa-apa di email, sms, dan lain-lain. Melainkan kita sendiri lah yang harus lebih gercep (sigap) untuk mengetahui status kita dari website Kemnaker.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun