Mohon tunggu...
Alfira Azzahra
Alfira Azzahra Mohon Tunggu... Instagram : @Alfira_2808

Music Director Radio, Penyiar Radio, Financial Management (Master of Human Resource Management, graduated 2021 @Malang City)

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Perbarui Kosmetik Anda Beberapa Bulan Sekali, Ini Cara agar Tidak Lupa

28 Mei 2021   04:15 Diperbarui: 28 Mei 2021   11:01 512 22 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbarui Kosmetik Anda Beberapa Bulan Sekali, Ini Cara agar Tidak Lupa
Ilustrasi Kosmetik (Freepik)

Kosmetik adalah suatu perpaduan bahan untuk mempercantik atau merawat diri, sehingga dapat menambah rasa percaya diri bagi para penggunanya.

Umumnya pemakai kosmetik adalah wanita. Tetapi dengan berkembangnya zaman, para pria pun juga dapat atau ada yang menggunakan kosmetik tertentu, dimana kosmetik untuk pria dibuat lebih tipis (kalem) dan tidak setebal atau glowing milik wanita.

Kosmetik sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu untuk perawatan (pembersih, toner, pelembap, tabir surya), kemudian untuk perawatan berkala (eksfoliasi, masker wajah, minyak esensial), dan untuk riasan (foundation, concealer, bedak, bronzer, perona pipi, eyebase, eye shadow, eyeliner, maskara, pensil alis, maskara alis, pelembap bibir, perona bibir).

Dari berbagai jenis kosmetik yang sudah disebutkan, sama halnya seperti makanan dan minuman, bahwa kosmetik pun juga mempunyai tanggal kedaluwarsa. Tanggal tersebut pastinya tidak asing untuk anda temui, karena setiap produk resmi mempunyai tanggal pembuatan dan kedaluwarsa yang wajib dicantumkan.

Contoh Tanggal Kadaluarsa Pada Produk Lip Cream (Dokumen Pribadi)
Contoh Tanggal Kadaluarsa Pada Produk Lip Cream (Dokumen Pribadi)

Namun, tanggal kedaluwarsa tersebut (meskipun terhitung masih sangat lama) itu berlaku hanya bagi produk yang bungkus atau tutupnya belum dibuka dan dipakai sama sekali.

Ketika bungkus produk atau tutup suatu produk sudah pernah dibuka dan dipakai, dari waktu itu lah anda sudah harus menghitung untuk mengganti peralatan kosmetik atau makeup tersebut.

Dikutip dari Kompas (2010), beberapa contoh alat kosmetik harus diganti pada waktu tertentu, yang dihitung mulai dari pertama pemakaian adalah:

  1. Foundation (alas bedak), setidaknya diganti tiap 6 (enam) bulan sekali.
  2. Maskara, setidaknya diganti tiap 3 (tiga) bulan sekali.
  3. Eye Liner, setidaknya diganti tiap 3 (tiga) bulan sekali.
  4. Blush On dan Bronzer, setidaknya diganti tiap 6-9 bulan.
  5. Eye shadow, setidaknya diganti tiap 12-18 bulan sekali.
  6. Lipgloss dan Lipstik, setidaknya diganti maximal 1-2 tahun.
  7. Pelembap dan Body Lotion, setidaknya maximal 1-3 tahun.
  8. dan lain-lain.

Walaupun kondisi produk kosmetik yang anda punya masih banyak dalam tempatnya (karena jarang dipakai), tetapi produk tersebut sudah masuk hitungan waktu penggunaan (dihitung buka dan pakai pertama kosmetik).

Jika anda tidak segera mengganti peralatan kosmetik tersebut dengan yang baru, alhasil sama saja seperti memakai produk kedaluwarsa. Bahaya yang perlu diwaspadai dalam produk kosmetik kedaluwarsa, yaitu bakteri yang mampu berkembang biak dengan pesat dan menyebabkan jerawat, iritasi mata, iritasi kulit, pembengkakan di bibir, dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x