Mohon tunggu...
Alfira Fembriant
Alfira Fembriant Mohon Tunggu... Lainnya - Instagram : @Alfira_2808

Music Director and Radio Announcer STAR 105.5 FM Pandaan Pasuruan East Java (from 2012 until now) 📻

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengenal Tipe dan Budaya Organisasi Perusahaan

27 Oktober 2020   00:04 Diperbarui: 6 April 2021   16:23 8561
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Document Pribadi : @Alfira_2808

Budaya organisasi adalah suatu karakteristik dari sebuah pola manajemen perusahaan yang menjadi pedoman seperti identitas, komitmen dan stabilitas untuk digunakan sebagai dasar atau kebiasaan dalam perilaku organisasi tersebut. Sehingga bisa membedakan dengan organisasi lainnya dan mempengaruhi  budaya organisasi tersebut dalam menjalankan profesinya.

Ada 4 (empat) Tipe Budaya Organisasi yaitu:

  1. Clan
    Budaya Organisasi ini lebih banyak dikendalikan sang owner langsung atau perusahaan pribadi dengan sistem kekeluargaan. Contoh: Toko Bangunan.

  2. Adhocracy
    Budaya Organisasi ini lebih mengedepankan Pelayanan pada konsumen atau masyarakat. Contoh: PT. KAI.

  3. Hierarchy
    Budaya Organisasi ini mempunyai susunan bertingkat, terukur dan kebanyakan berhubungan dengan pemerintahan. Contoh: Bank BRI.

  4. Market
    Budaya organisasi ini lebih mengedepankan Kepuasan dari Konsumennya. Contoh: Perusahaan Merk "Apple"

Budaya Organisasi Clan dan Hierarchy fokus pada internal. Sedangkan Adhocracy dan Market fokus pada Eksternal.

Dalam budaya organisasi biasanya Pemimpin selalu di ikuti bawahannya. Kita bisa menjadi pemimpin yang hebat jika kita menggunakan potensi diri kita dengan baik, karena pemimpin hebat adalah diri kita sendiri.

Perubahan ada juga karena adanya Teknologi, SDM, Struktur organisasi, dan Budaya Organisasi. Sementara yang bisa merubah karakter seseorang adalah Lingkungan.

Yang dicari oleh perusahaan itu adalah karyawan yang memiliki KSA (Knowledge, Skill, and Attitude). Sedangkan untuk menilai kinerja karyawan bisa menggunakan KPI (Key Performance Indicators).

Ketika suatu perusahaan yang bergerak di berbagai bidang pasti punya budaya organisasi masing-masing yang sengaja diciptakan dan dijalankan oleh para karyawan. Namun tidak semua karyawan bisa cocok atau bertahan dengan budaya organisasi di setiap perusahaan.

Berikut 2 (dua) contoh Budaya Organisasi:

  1. Ayam Geprek SAI
    Tempat makan ini menyediakan varian menu Ayam Geprek sebagai menu utamanya. Didukung juga dengan beberapa pilihan makanan minuman sebagai alternatif, yang menambah poin plus kedai ini.

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Worklife Selengkapnya
    Lihat Worklife Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun