Mohon tunggu...
Alfira Azzahra
Alfira Azzahra Mohon Tunggu... Instagram : @Alfira_2808

Music Director Radio, Penyiar Radio, Financial Management (Master of Human Resource Management, graduated 2021 @Malang City)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kategori Artikel yang Aman Dipilih Kompasianer untuk Pemula

15 Oktober 2020   02:31 Diperbarui: 15 Oktober 2020   02:40 170 17 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kategori Artikel yang Aman Dipilih Kompasianer untuk Pemula
penulispro

Halo, salam kenal untuk anda para pemula alias Junior dan para Senior di forum Kompasiana.

Menulis itu adalah hal yang menyenangkan. Sebagai seorang penulis, terkadang kita tidak perlu belajar ilmu penulisan seperti jurusan sastra, bahasa atau komunikasi dalam suatu perkuliahan. Karena ilmu penulisan masih bisa kita pelajari diluar bangku pendidikan. Namun ketika anda kuliah di jurusan tersebut pun akan lebih baik untuk menyempurnakan bakat anda dalam penulisan sebuah artikel bahkan sebagai penulis Novel.

Seseorang yang sudah senior atau sudah lama menjadi seorang penulis, biasanya sudah banyak pengalaman tentang penulisan sebuah artikel atau naskah sehingga hasilnya pun tidak perlu banyak dipoles lagi dan isi juga berkualitas. Sebaliknya disebut junior karena hasil tulisannya masih perlu banyak dipoles dan juga isi naskahnya masih perlu banyak belajar.

Menjadi seorang penulis terkadang memang sebuah bakat, kadang hobi, kadang hanya sekedar mengisi waktu luang belaka. Ketika anda menemukan forum Kompasiana, anda pun mulai menulis dan menjadi kegiatan rutin anda. Hingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana itu ada yang kurang. Sesibuk apapun aktivitas anda, jika sudah menyatu dengan hati pastinya akan tetap meluangkan waktunya untuk mampir di forum ini. Baik itu untuk menulis atau hanya sekedar membaca tulisan karya rekan lainnya.

Ketika anda mulai menulis, anda disuruh untuk memilih kategori atau tema yang menjadi topik pembahasan artikel anda ini spesifik ke arah mana. Apakah kategori Ekonomi, Fiksiana, Gaya Hidup, Hiburan, Humaniora, Kotak Suara, Olahraga, Politik, Teknologi, atau Wisata.

Dari banyaknya kategori artikel tersebut, pasti ada satu sampai dua kategori yang sering anda gunakan menjadi tema artikel anda. Namun terkadang di antara anda juga ingin untuk mengembangkan potensi untuk memilih kategori artikel di luar kemampuan anda.

Misalnya anda menguasai kategori Gaya Hidup, tapi anda mencoba menulis kategori tentang Olahraga. Atau anda menguasai kategori Fiksiana, tapi anda mencoba menulis tentang Politik.

Hal semacam itu wajar saja untuk mengembangkan potensi yang anda miliki. Hanya yang perlu digaris bawahi ketika menuliskan sesuatu hal di luar kemampuan dan pengetahuan anda, hasil tulisan kita tersebut kurang optimal dibandingkan sesuatu hal yang anda menguasainya.

Jika anda para pemula di forum ini, ada beberapa kategori yang aman untuk  dipilih dari analisa secara Hipotesis sebagai tulisan perdana atau setidaknya 100 artikel pertama anda mengasah kemampuan dan menambah pengalaman :

Kategori aman pertama adalah Fiksiana. Kategori ini tergolong aman, karena yang namanya fiksi adalah tempat dimana anda bisa berimajinasi. Jadi tulisan anda tidak akan banyak diperdebatkan karena itu memang hanya sekedar imajinasi. Sama seperti para penulis script film dalam sinetron, itu hanya imajinasi belaka dan tidak selalu kejadian nyata.

Kategori ini juga banyak digandrungi penulis kompasiana, karena untuk membuat suatu artikel di kategori Fiksiana misalnya Puisi, anda tidak perlu berlama-lama di depan laptop, anda cukup menuliskan beberapa kalimat untuk dijadikan puisi lewat ponsel, dengan waktu tidak sampai setengah jam saja puisi anda sudah selesai dan siap untuk ditayangkan. Poin plus lainnya, kategori fiksiana untuk Puisi juga sering menjadi 'Pilihan Editor'. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x