Mohon tunggu...
Alfina Asha
Alfina Asha Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin

Tulisan random.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Memaknai Tanggung Jawab

29 Januari 2021   19:55 Diperbarui: 29 Januari 2021   20:09 157 5 0 Mohon Tunggu...

Menjadi anggota pramuka dalam masa pertumbuhan adalah salah satu hal yang paling saya syukuri. Tak perlu jauh-jauh membanggakan diri sampai ke Jambore Nasional, karena memang saya tak pernah ke sana. Haha... Paling mentok dulu hanya sampai Jambore Cabang. Habis perkemahan daftar nasional tapi tidak lulus. Huhu, sedih... Tapi itu duluuu, sudah lama sekali. Ada sepuluh tahun kali ya? 

Menjadi anak pramuka bukan hanya perihal sejauh mana kita telah menginjakkan kaki, berpakaian cokelat dengan lambang begitu rupa menutupi seragam. Menjadi anak pramuka bukan hanya tentang seberapa banyak malam yang telah dihabiskan di tanah lapang, beratap langit dan berlantai tanah, atau dengan tenda yang berbagai teknik pemasangannya bahkan sudah tercantum apik di dalam buku saku. 

Tidak, itu tidak cukup. Hal-hal di atas sifatnya praktikal. Lebih dari itu, ada nilai-nilai dasar yang telah ditanamkan sejak pertama kali mengikrarkan diri untuk menjadi bagian di dalamnya. Menjadi anak pramuka. Dan itulah yang disebut Dasa Dharma.

Ya, diakui atau tidak, sepuluh poin dasa dharma ini agak 'menyusahkan' hidup di masa lalu, setidaknya bagi saya. Menghafalnya tidak mudah, tapi harus bisa. Kalau belum hafal, aduh, saya sangsi apa benar bisa disebut anak pramuka (padahal menghapal saja tidak cukup sebenarnya tanpa ditanamkan dalam keseharian). 

Sepuluh poin ini rasanya terlalu panjang untuk dijabarkan, tapi kupikir perlu. Pasalnya ada kepentingan untuk "curhat" terkait salah satu poinnya. Dan karena itulah tulisan ini dibuat. 

Baiklah, berikut dasa dharma pramuka. Kali saja ada yang belum tahu. Bagi yang sudah tahu, ya boleh-boleh saja dibaca ulang. Hitung-hitung nostalgia pas zaman sekolah hahaha. 

Dasa Dharma Pramuka

  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil, dan gembira
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja
  8. Disiplin, berani, dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Keren, kan, nilai-nilai yang dipegang? Meskipun belum bisa menyebut diri sendiri telah memenuhi ke-sepuluh "janji" tersebut, setidaknya saya terus mengupayakannya. Terus terang saya sangat kagum dengan mereka yang benar-benar telah menjadi "pramuka sejati". Semoga suatu saat bisa sampai ke tahap tersebut. 

***

Oke, kembali ke alasan mengapa tulisan ini dibuat. Saya ingin menggaris bawahi salah satu poin penting di antara sembilan poin yang tak kalah penting lainnya. Dasa dharma ke-9:

Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Sekali lagi, memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan pramuka di masa pertumbuhan adalah hal yang sangat saya syukuri. Pramuka telah menanamkan nilai-nilai yang tentu akan sangat berguna dalam membentuk karakter, dan salah satunya adalah hal ini. Bertanggung jawab. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x