Mohon tunggu...
Alfina Asha
Alfina Asha Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Tulisan random.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Children of Heaven", Ungkapan Kasih Sayang lewat Sepasang Sepatu

17 Februari 2019   11:44 Diperbarui: 17 Februari 2019   12:11 301
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ali, Zahra, dan sepatu mereka. (Sumber: timesdelhi.com)


Saya pertama kali menonton film ini saat masih berusia kanak-kanak dulu. Jangankan pemerannya, judul filmnya-pun saya tidak tahu waktu itu. Wajar saja, kalau tidak salah ingat, saya nonton filmnya sekitar kelas 2 atau 3 SD. Yang paling membekas dalam ingatan saya adalah momen-momen yang terjadi ketika menonton film itu. 

Kami sekeluarga duduk manis di depan sebuah televisi tabung. Apa yang saya lihat dan masih sangat membekas dalam ingatan saya adalah seorang anak perempuan yang berlari setiap pulang sekolah dan bertemu kakaknya di balik tembok besar. 

Mereka kemudian dengan cepat bertukar alas kaki dan gantian kakaknya yang berlari menuju ke sekolah. Pada adegan itu, terselip pula nasihat ayah saya yang juga masih sangat membekas dalam ingatan, "Lihat itu anak, mau pergi sekolah tidak ada sepatunya kasihan, ganti-gantianji sama kakaknya. Lari-larimi juga karena takut terlambat. Bersyukurki kita semua masih dibelikan sepatu masing-masing, diantarki juga pergi sekolah. Jangan malas kalau dikasih bangun pagi, jangan juga selalu berkelahi sama saudara" 

Lihat anak itu, mau ke sekolah tidak punya sepatu. Sepatunya-pun digunakan secara bergantian dengan kakaknya. Setiap pergi dan pulang sekolah mereka lari-larian karena takut terlambat. Kalian harus bersyukur masih bisa dibelikan sepatu masing-masing. Kalian juga diantar ke sekolah --tidak lari-larian. Jangan malas-malas kalau dibangunkan saat pagi, juga jangan sering-sering berkelahi sesama saudara --maklum, waktu itu saya dan adik tak jarang terlibat cekcok karena mainan, hehe. 

Entah mengapa, hal ini sangat membekas dalam ingatan saya. Hingga suatu hari saat menginjak bangku SMA, saya kembali teringat dengan film ini. Saya kemudian berpikir, mungkin itu cuma mimpi ketika masih kecil dulu. Mungkin film itu tidak benar-benar ada. 

Namun, tidak sampai disitu, sayapun mencoba mencari film tersebut dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Saya benar-benar tidak memiliki gambaran apapun tentang judul film itu. 

Akhirnya, saya kemudian mengetik di mesin pencarian dengan kalimat yang kira-kira seperti ini, "Film yang adegannya adik kakak tukar-tukar sepatu saat ingin ke sekolah". Alhasil, muncullah beberapa wajah di google image yang tidak asing rupanya. Eureka!! Saya berhasil menemukan film yang selama ini saya cari. Karena bertepatan dengan bulan Ramadhan, waktu sahurpun saya manfaatkan untuk mengunduh film tersebut, tentunya dengan kuota malam yang saya miliki. Hehehe... 

sumber: dailymotion.com
sumber: dailymotion.com

Children Of Heaven, film dari negeri Iran yang diproduksi tahun 1997 ini mengisahkan seorang kakak beradik yang bernama Ali dan Zahra. Mereka hidup bersama kedua orang tua dan seorang adik mereka yang masih bayi. Keluarga ini tergolong miskin, yang sehari-hari hidup dengan apa adanya. 

Namun hal itu tak membuat mereka putus asa. Mereka tetap mensyukuri apa yang mereka miliki, terbukti dengan kemurahan hati mereka yang masih menyempatkan berbagi rejeki kepada tetangga di samping rumah mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun