Mohon tunggu...
Alfina Rahmawati Sugito
Alfina Rahmawati Sugito Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hidup ini memang fiksi. Seringkali hanya imajinasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Demokrasi sebagai Pandangan Hidup

29 November 2020   19:39 Diperbarui: 29 November 2020   19:58 374 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Demokrasi sebagai Pandangan Hidup
pelayananpublik.id

Assalamualaikum sobat, kali ini saya akan membahas tentang demokrasi di Indonesia. Kalian udah pada tau belum sih sistem demokrasi yang ada di Indonesia. Kalau masih belum tau atau kurang paham mengenai demokrasi di Indonesia, Yuk simak artikel ini sampai selesai ya....

Apa Itu Demokrasi ?

Demokrasi merupakan salah satu bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat atau negara yang dijalankan oleh pemerintah. 

Semua warga negara memiliki hak yang setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum.

Mengapa Indonesia Memilih Sistem Pemerintahan Demokrasi ?

Di Indonesia sendiri telah banyak menganut sistem pemerintahan, namun sistem demokrasi lah yang sampai sekarang masih bertahan di Indonesia. Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan dan tantangan disana sini. 

Tetapi demokrasi merupakan sistem yang di jadikan alternatif dalam berbagai tatanan aktivitas bermasyarakat dan bernegara. Sebagian kelompok merasa merdeka dengan diberlakukannya sistem domokrasi di Indonesia. Dengan begitu mereka sudah merasakan kebebasan mengeluarkan pendapat dan aspirasinya masing-masing.

Diketahui juga bahwa Indonesia merupakan negara yang padat penduduk, dengan banyaknya penduduk pasti banyak juga pandangan hidup dan pendapat yang berbeda-beda dari setiap kelompok masyarakat atau individu.

Oleh karena itu demokrasi di Indonesia dipandang perlu dan sesuai dengan pribadi bangsa Indonesia. Selain itu yang melatar belakangi pemakaian sistem demokrasi di Indonesia yaitu dari banyaknya agama yang masuk dan berkembang di Indonesia, banyaknya suku, budaya dan bahasa.

Dengan diterapkannya sistem demokrasi di Indonesia, maka seharusnya masyarakat Indonesia menjadikan demokrasi sebagai filsafat hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Karena demokrasi tidak akan datang dan tumbuh berkembang dengan sendirinya tanpa ada usaha yang nyata dari setiap masyarakat indonesia.

Demokrasi juga berisikan nilai-nilai hidup yang dapat di  miliki, dihayati, dan diamalkan oleh setiap orang. Bentuk pemerintahan demokrasi ataupun sistem politik demokrasi suatu negara juga memerlukan sikap hidup warganya yang demokratis. Dengan begitu  bentuk kehidupan yang berdemokrasi akan kokoh bila di kalangan masyarakat tumbuh nilai-nilai demokrasi tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x