Mohon tunggu...
Alfina Nisauz Zahroh
Alfina Nisauz Zahroh Mohon Tunggu... Semoga bermanfaat :)

early chidhood islamic education . UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Peran Orangtua dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak

15 Maret 2020   14:41 Diperbarui: 15 Maret 2020   15:45 32 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Orangtua dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak
dutaislam.com

Orang tua (ayah atau ibu) sebagai pimpinan atau pengendali dalam sebuah keluarga pasti memiliki harapan-harapan atau keinginan-keinginan yang ingin dicapai di masa yang akan datang. 

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi orang yang patuh, taat, berbakti kepada kedua orang tua, berperilaku baik, disiplin, tidak terjerumus pada perbuatan-perbuatan negatif, sukses, dan sebagainya. 

Pastinya orang tua menginginkan keinginannya tersebut dapat diwujudkan dan akan lebih mudah terwujud apabila orang tua menyadari bahwa peran mereka sangat dibutuhkan dalam proses perkembangan moral anak.

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan moral anak baik ketika anak masih kecil ataupun ketika anak telah tumbuh menjadi dewasa. 

Peran orang tua sangat dibutuhkan anak ketika anak mencapai masa remaja. Pada tahap ini umumnya orang tua merasa takut jika ananknya tumbuh menjadi remaja yang berkelakuan buruk (tidak bermoral).

Dalam perkembangannya, moral anak lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Dengan pengaruh lingkungan disekitarnya anak akan belajar bagaimana ia harus berperlaku. 

Oleh karena itu lingkungan sangat berpengaruh terhahadap perkembangan moral anak. Lingkungan yang dimaksud adalah semua yang berada di luar diri anak, misalnya orang tua, saudara, teman, guru, dan masyarakat.

Lingkungan pertama dan yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan moral anak adalah lingkungan keluarga.  Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama dan utama bagi tumbuh kembang anak. 

Oleh karena itu hendaknya orang tua melakukan segala sesuatu yang baik-baik karena biasanya anak akan meniru atau mengikuti perilaku dan kebiasaan yang dipraktekkan dalam lingkungan keluarga. 

Dengan begitu anak akan berkembang secara optimal karena anak mendapatkan stimulasi yang baik dari keluarga. Oleh karena itu keluarga berfungsi untuk mengembangkan moral anak.

Ketika memasuki masa remaja pergaulan anak semakin luas. Hal ini disebabkan anak mulai mengenal kelompok-kelompok sosial tertentu dan teman-teman sebayanya, seperti pada lingkungan sekolah maupun pada lingkungan masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN